Islam

Perbuatan baik dan buruk

Suatu hari seorang pemuda menemui Rasullullah dengan wajah gusar, nampak gelisah dan begitu khawatir. Perlahan pemuda tersebut menghampiri Rasulullah dan bertanya, “Ya Rasulullah, betulkah segala perbuatan kita , baik dan buruk, akan dibalas ?” Wajah pemuda tersebut sungguh risau.

Rasulullah dengan akhlak yg selalu saja terpancar dari wajahnya, tersenyum teduh dan menjawab, “Tentu saja, janji Allah itu pasti. Tiada yg lebih pasti dari janji-Nya !”
Melihat wajah pemuda makin gusar, Rasulullah bertanya, “Pemuda, apa gerangan yg merisaukanmu ?
Dan mengapa kamu bertanya demikian ?”.

Pemuda itu dengan suara pelan, “Wahai Rasulullah. Aku merisaukan perbuatan² dosaku yg aku pun tak sanggup menghitungnya. Berbuat dosa itu sangat tak terasa. Aku khawatir balasan di dunia dan akhirat”.

Rasulullah kembali menatap pemuda dengan pandangan teduh dan senyum yg menentramkan hati. Beliau balik bertanya, “Wahai pemuda.. Kamu pernah sakit ? Pernah dikhianati ? Pernah tak enak hati ? Pernah gundah tanpa sebab yang pasti ? Pernah mendapat masalah yg besar ?”

Mendengar pertanyaan itu, pemuda tersebut mengangguk, “Tentu saja pernah Rasulullah..”
Rasulullah makin melembutkan suaranya, “Sesungguhnya SAKITMU, perasaan TAK ENAK HATIMU, KEGUNDAHAN TANPA SEBAB, juga MASALAH² BESARMU itu Allah hadirkan ke dalam kehidupanmu, untuk menggugurkan setiap dosa yg kau khawatirkan itu…”

Mendengarnya, pemuda tersebut berurai air mata, penuh syukur. Bersyukur yg sangat dalam, karena baru menyadari bahwa segala hal yg dianggapnya musibah dalam hidup, ternyata adalah karunia, yg dihadirkan untuk menggugurkan dosa². Subhanallah….. (Moeljadi)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close