Psikologi

Asal usul Golf

Ada yang mengatakan golf ditemukan pertama di Skotlandia, tapi asal usul OR ini diselimuti ketidak-jelasan. Lapangan golf tertua dan klub golf tertua di dunia berada di Skotlandia, dan di seluruh dunia, kecuali di USA dan Mexico, permainan ini dikontrol dari St. Andrews di Skotlandia.

The Royal and Ancient Golf Club of St. Andrews, menjadi klub anggota privat, mengendalikan aturan permainan, menyetujui perubahan peralatan, dan mengelola Kejuaraan Terbuka dan Kejuaraan Amatir. Sejarah, Golf khusus untuk pria. Karena itu muncul mitos golf singkatan “Gentlement Only Ladies Forbidden.”

Ada banyak pendapat lain yang menyatakan asal muasal golf yaitu:
Paganica yang dimainkan Romawi Kuno, yaitu memukulkan bola kayu atau kulit ke dalam lubang dengan tongkat melengkung. Kelihatannya mirip golf, dan Paganica diklaim jadi cikal bakal golf. Bangsa Romawi membawa paganica ke negara yang mereka taklukkan di Eropa abad pertama. Seperti cricket yang menyebar di seluruh Kerajaan Inggris ratusan tahun kemudian.

Kolven atau kolf dimainkan di Belanda 1297, sebelum golf dicatat sebagai OR. Dalam kolven, tongkat melengkung digunakan untuk memukul bola ke dalam lubang di danau membeku. Banyak lukisan permainan itu, dan hal itu disebutkan dalam beberapa dokumen, tapi tidak ada peraturannya.

Chole dinyatakan bentuk asli golf. Ini dimainkan di utara Prancis dan Belgia abad ke-13, dan muncul versi berbeda. Inti dari chole adalah menahan tim yang berlawanan memukul bola yang sama, tetapi dalam arah berbeda. Tiap tim memukul bola 3x dalam upaya mencetak angka, dan tim berlawanan melemparkan bola ke arah manapun yang dipilih. Karena itu, hubungan chole sepertinya lebih dekat ke permainan hoki.

Profesor Ling Hongling, akademisi China dari Universitas Lanzhou, menyatakan golf ditemukan di China dan dimainkan 9445 SM. Dasar pernyataannya referensi literatur yang ditemukannya dalam karya yang berjudul Dongxuan Record. Dalam referensi itu disebutkan kegiatan pengisi waktu disebut chuiwan-chui (pukul bola). Para pemainnya memukul bola dengan tongkat “yang sengaja dipahat.”

Catatan paling awal mengenai golf Skotlandia adalah dari tahun 1457, dengan pengumuman oleh Raja James II dari Skotlandia (1430-1460) bahwa golf harus dilarang. Olahraga itu, katanya semestinya “tidak usah dipedulikan” karena mengganggu latihan memanah pasukannya.

Klub golf pertama adalah The Royal Ancient Golf of St. Andrews (dikenal sebagai R&A). Dibentuk pada tahun 1754 oleh “Dua Puluh Dua Pria Terhormat.” Awalnya klub itu dikenal sebagai The Society of St. Andrews Golfers dan ditambahai Royal (1934), hingga menjadi klub kedua yang sangat dihormati (yang pertama Perth).

Dari sepuluh klub tertua, R&A adalah satu-satunya yang masih memainkan golf di lapangan aslinya, The Old Course. The Old Course bukanlah milik R&A, tetapi klub itu memiliki hak bermain khusus yang diberikan kepadanya oleh pemilik lapangan golf tersebut, yaitu St. Andrews Link Trust.

Kata Links atau lapangan golf hanya diberikan pada lapangan yang terletak di tepi laut, karena dibangun di atas daratan yang menghubungkan (link) laut dengan daratan. Dengan kesepakatan bersama, kata links tidak pernah digunakan untuk lapangan golf yang ada di pedalaman.

The Royal Burgess Golfing Society of Edinburgh dibentuk pada tahun 1735 (kata Royal diberikan pada tahun 1929 oleh Raja George V), membuat posisinya semakin kukuh sebagai klub golf tertua yang masih ada. Klub itu bermain di Bruntsfield Links di Edinburgh.

Klub golf pertama di Inggris : Royal Blackheath Golf Club. Klaimnya klub golf tertua di dunia dianggap lemah. Klub itu dibentuk 1745, dan berbagai catatan, golf dimainkan teratur di padang rumputnya sejak 1608, meski kegiatan ini tidak dinyatakan sebagai sebuah acara klub. Royal Blackheath dibentuk pada 1766, menjadikannya klub tertua yang ada di Inggris.

James I (James VI dari Skotlandia) (1566-1625) membawa klubnya ke London pada tahun 1603 ketika dia diangkat sebagai Raja Inggris, dan dia dikenal telah memainkan golf di padang rumput liar.

Lapangan golf pertama di Amerika Serikat dibangun di White Sulphur Springs, West Virginia. Oakhust Links dibuka 1884 oleh sekelompok pemain AS-Skotlandia-Inggris. Oakhust Challenge Medal milik mereka diakui sebagai hadiah golf pertama di AS.

Oakhust masih digunakan dan tetap mempertahankan tradisinya dengan hanya mengizinkan pemakaian tongkat kayu hickory dan bola asli guttie (guttha-percha). Tee atau tempat pertama kali pemukulan bola golf harus dilakukan di atas pasir, bukan di atas penopang bola dari kayu atau plastik, dan area fairways (area rumput setelah tee) dibiarkan pendek agar kambing bisa berkeliaran dengan bebas.

Lapangan golf untuk umum pertama di AS adalah Van Cortlandt Golf Course dibuka di New York City pada tahun 1895. Lapangan itu digunakan hingga hari ini, sebagai bagian dari Taman Van Cortlandt di Bronx.

Kejuaran golf besar pertama adalah kejuaraan Inggris Terbuka (British Open Championship). Kejuaraan ini pertama kali dimainkan 1860 di Prestwick, dan merupakan kejuaraan golf besar tertua dan hanya dikenal sebagai “The Open.”

Pemenang pertama British Open adalah Willie Park Sr. (1834-1903) dari Musselburgh di East Lothian, Skotlandia. Kejuaraan tersebut dimainkan selama tiga putaran dengan masing-masing dua belas lubang dan skor total park adalah 174.

Turnamen golf pertama yang ditayangkan TV : Kejuaraan AS Terbuka (U.S Open Championship) tahun 1947, disiarkan secara lokal di St. Louis, Missouri. Pemenangnya : Lew Worsham (1917-1990). Turnamen golf pertama yang disiarkan secara nasional di TV : Kejuaraan Dunia Tam O’Shanter 1953.

Pemenangnya lagi-lagi Lew Worsham, yang memasukkan bola dari jarak 120 yard dengan pitching wedge (sejenis tongkot golf yang memiliki sudut pukulan antara 44 dan 50°) pada lubang terakhir, dan menang satu pukulan. (http://www.dil-borneo.co.cc/2010/12/sejarah-dan-asal-usul-olahraga-golf.html dan http://www.jelajahunik.us/2012/03/sejarah-dan-asal-usul-olahraga-golf.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close