Pengalaman AnggotaPsikologi

Hari Ulang Tahun

Selamat ulang tahun. Apakah ini ucapan selamat yang terakhir? Ataukah tahun depan masih ada lagi ucapan yang sama? Tahun depannya lagi? Berapa kali lagi? Tak ada seorangpun yang mampu
menebak.

Ada yang sehat wal’afiat, tiba2 wafat saat mengejar bola tennis. Ada yang sepulang mendaki gunung Burangrang, ternyata divonis kanker dan beberapa lama pengobatan akhirnya juga dijemput. Namun ada pula yang sakit, bertahan sampai 16 tahun berbaring, masih diijinkan nungguin sampai melihat cucu2nya yang mungil. Konon sakit itu sering kali “given” dan tidak ada kaitannya dengan ajal.

Seorang Ayah meninggalkan 9 putra-putrinya plus satu dalam kandungan, sementara sang Ibu seorang diri mengentaskan sepuluh anak2nya, masih sehat sampai hampir 50 tahun kemudian. Ada pula seorang istri yang wafat setahun setelah suaminya berpulang. Semua adalah kekuasaan Yang Maha Mengatur.

Statistik juga tidak mampu meramalkan tepat berapa usia seseorang. Seorang yang punya riwayat kerabat banyak yang meninggal saat usia 50an, menanti dengan tegar dan kebugaran yang prima pada ulang tahunnya ke 50. Namun ulang tahun itu sudah terlewati puluhan tahun lalu dan ia masih bugar.

Umur adalah hal yang tidak mampu kita tiru dari junjungan kita. Beliau wafat diusia 63 tahun. Namun andai kita dikaruiai usia berlipat dari beliau, mampukah kita menyamai amalan ibadah beliau? Beliau bahkan melarang kita mencoba menyingkap rahasia milik Sang Pencipta ini.

Beliau malah mengajak kita menjaga iman sebelum datang lima perkara. Masa muda sebelum kita sadari telah menua, masa kelebihan kita sebelum kita tiba2 kita jatuh dalam kekurangan sebelum sempat memberi, masa sehat sebelum sakit, masa luang sebelum kita terlalu sibuk dan last but not least, masa saat nafas masih ada di dada kita sebelum kita tiba-tiba dipanggil.

Teriring ucapan selamat ulang tahun ke 90 buat Ibu. Mudah2an diberikan panjang usia yang penuh berkah. Masih kurang juga rasanya bekti putramu ini. (Gundengan Sleman, 20150130; Sadhono Hadi; Creator of Fundamen Top40; Visit http://fundamen40.blogspot.com dan http://rumahkudidesa.blogspot.com)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close