Islam

Insya Allah

Saat ini sering kita dengar ucapan Insya Allah, billa Allah mengijinkan. Artinya makin tinggi kesadaran, semua tergantung ijin Tuhan. Ini, pertanda baik. Manusia boleh berencana, tapi hak prerogratif Tuhan mengijinkan. Kewajiban manusia berusaha, perkara hasil kita serahkan yang diatas. Hidup menjadi lebih ringan, legowo.

Gara-gara khilaf tidak mengucapkan Insya Allah, Rasulullah pernah ditegur Allah. Ceritanya begini, beberapa orang Quraisy menanyakan kepada Nabi tentang orang-orang yang ditidurkan di dalam Gua. Nabi, menjanjikan akan memberikan penjelasan besok hari.

Ternyata, ditunggu berhari-hari, wahyu mengenai hal ini tidak kunjung turun. Akhirnya pada hari ke 15 Jibril datang dan turunlah Surat Al KAhfi ayat 23 dan 24.
23. Jangan sekali-kali kamu mengatakan sesuatu: “Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi,
24. kecuali (menyebut): “Insya Allah”. Dan ingat pada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: “Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya dari pada ini.”

Ada beberapa pelajaran bagus pada kejadian ini. Pertama, Nabipun bisa berbuat khilaf, namun segera dibetulkan Tuhan, khilafnya menjadi contoh yang harus dihindari. Pelajaran kedua, mengenai pemuda yang ditidurkan 300 tahun dalam Gua, ini mengenai konsep waktu yang relatif, jauh ditulis sebelum Enstein mengemukakan teori relativitasnya.

Sedang pelajaran ketiga, ucapan Insya Allah itu. Setiap saat, apalagi menjanjikan sesuatu, orang harus mengingat kepada kuasa Tuhan. Tuhan-lah Maha Pemberi Ijin. Sayangnya, belakangan, ada yang memakai istilah Insya Allah ini untuk menolak undangan secara halus.

Maksud hati ingin menolak, tapi tidak tega mau bilang tidak, yang keluar Insya Allah. Sehingga bila tidak datang, adalah kehendak Allah. Ini tentu salah besar. Tuhan kok dipakai alasan untuk menolak. Orang Barat lebih santun tapi tegas bila menolak undangan,

“I wish I could, but …… “, nah, tidak semua hal dari Barat jelek bukan? Salam… (Sadhono Hadi; Creator of Fundamen Top40; Visit http://fundamen40.blogspot.com dan http://rumahkudidesa.blogspot.com)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close