Wisata dan Kuliner

Mengenal pantai Pink

Saya sependapat jika anda mengutamakan wisata dalam negeri, mengendorkan ketegangan otot yang capek akibat kerutinan, juga menikmati indahnya pemandangan serta ikut meningkatkan roda perekonomian masyarakat. Yuk kita ikut bergembira bersamanya

KOMPAS.com – Pulau Lombok di NTB salah satu ikon pariwisata yang namanya dikenal wisatawan dalam dan luar negeri. Hampir semua pantai di Pulau Lombok selalu memikat para wisatawan. Salah satu pantai yang tidak kalah menarik adalah Pantai Pink.

Pantai ini di Desa Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab-Lombok Timur. Mencapai Pantai Pink ditempuh ± 2 jam dari Mataram, Ibu Kota NTB. Pantai Tangsi ini disebut Pantai Pink karena warna pasirnya didominasi warna pink dan berpanorama alam yang mengesankan dan keindahan alam yang begitu menakjubkan.

Pada awalnya tidak banyak yang mengetahui keberadaan pantai cantik ini. Pantai ini hanya digunakan sebagai tempat transit nelayan-nelayan yang berasal dari Desa Tanjung Luar. Selain keindahan pantainya, di kawasan ini juga terdapat goa bersejarah peninggalan Jepang.

Konon kabarnya di tempat ini dulunya tempat ini digunakan sebagai barak tentara Jepang ketika mendarat di Lombok pada tahun 1942. Selain untuk tempat persembunyian, goa ini menjadi tempat untuk mengintai musuh (sekutu) karena letaknya yang strategis dan menghadap pantai.

Daya tarik Pantai Pink karena kekhasan warna pasirnya. Warna pink terbentuk karena butir-butir asli warna putih pasir bercampur dengan serpihan karang merah muda. Bias sinar matahari dan terpaan air laut menambah semakin jelas terlihat warna pink pantai tersebut.

Tak kalah menariknya pada pantai ini dikelilingi tebing-tebing. Dari atas tebing, wisatawan dapat menikmati panorama alam seiring dengan embusan angin laut. Suara ombak sangat mengesankan membuat terpukau yang menikmatinya.

Tapi kondisi infrastruktur jalan menuju Pantai Pink itu belum baik. Belum ada fasilitas umum memadai, seperti toilet, tempat ibadah serta transportasi umum ke pantai yang belum tersedia. Sebaiknya wisatawan membawa kendaraan dan membawa bekal karena di sana tidak ada warung.

Meski jalan ke pantai ini buruk, jangan khawatir rasa lelah di jalan terbayar jika Anda sampai di Pantai Pink. Keindahnya menghapus rasa lelah, deru ombak kecilnya dapat menenangkan hati dan pikiran. Mata Anda terbelalak karena melihat hamparan pasir pink dan laut hijau kebiruan terhampar di Pantai Tangsi.

Kekayaan bawah laut pantai ini menawan. Tidak perlu menyelam sampai di kedalaman tertentu, Anda hanya perlu snorkeling dan akan melihat berbagai biota laut di pantai ini. Asyiknya lagi pantai ini dangkal sehingga kita bisa bebas berenang tanpa takut arus yang deras.

Berada di cekungan alias teluk membuat tak ada ombak besar menyambar daratan Pantai yang ber-arus tenang dan tidak membahayakan. Jika sempat ber-snorkeling, maka Anda dibuat takjub terumbu karang yang indah. (Dwi Laskar Pelangi; http://travel.kompas.com/read/2014/01/13/1747152/Menikmati.Keindahan.Pantai.Pink.di.Lombok)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close