KesehatanPengalaman Anggota

Muhasabah di pertengahan tahun

Motivasi hidup sehat untuk semua sahabat
Sahabat-sahabat yang dimuliakan Allah,
Bagaimana kabar Anda melewati hari-hari panjang hingga pertengahan tahun 2015? yang sebentar lagi akan kita tinggalkan? Semoga dalam keadaan sehat, semakin sukses, banyak rezeki, dan bahagia. Untuk menggapai itu semua, harapan dan doa tentu saja sudah kerap Anda panjatkan, bukan?

Hanya saja harapan dan doa belum cukup untuk mewujudkan kondisi yang ideal dalam menyongsong datangnya tahun dan masa mendatang. Di manapun, syarat dan ketentuan yang harus Anda patuhi tetap berlaku.

Hidup sehat dan awet muda, senantiasa menjadi idaman setiap manusia. Sebuah keinginan yang wajar, karena hal tersebut merupakan bagian dari pilar-pilar kebahagiaan. Di tengah hiruk-pikuknya kehidupan, kebanyakan orang lebih menyukai hidup atas dasar apa yang disukainya, padahal belum tentu dibutuhkan oleh dirinya.

Berbagai cara ditempuhnya agar bisa tetap sehat dan bahagia. Namun karena terbatasnya wawasan tentang faktor risiko dan cara hidup sehat, maka peringatan demi peringatan akan bahayanya pola hidup yang tidak teratur dan pola makan yang berlebihan menjadi sering terabaikan. Akibatnya banyak orang menjadi mudah terserang berbagai macam penyakit.

Semua yang terjadi dalam hidup ini adalah sumber motivasi dan inspirasi yang datangnya dari Allah, karena Allah begitu sayang terhadap setiap hamba-Nya yang membutuhkan. Dalam keadaan apa pun, baik suka maupun duka, baik bahagia maupun kecewa, adalah merupakan pengalaman hidup yang harus kita jalani. Minggu ini kebetulan saya sedang terkena flu berat, barangkali akibat beberapa kali terkena hujan dan terpaan angin, serta kurang istirahat.

Dari berbagai literatur, penyebab utama manusia jatuh sakit, selain karena kecelakaan, dapat terjadi pula karena adanya serangan pada sistem kekebalan tubuh. Misalnya, oleh karena bakteri, virus, atau pencemaran zat beracun pada jaringan dan organ tubuh.

Serangan ini dapat terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dengan kandungan kolesterol tinggi, membuat saluran pembuluh darah menyempit dan terhalangnya penyerapan zat makanan. Sakit juga dapat terjadi akibat mengonsumsi makanan dengan kualitas gizi yang rendah, menyebabkan sel-sel tubuh menjadi lemah.

Pengalaman hidup seseorang yang pernah menderita sakit, memang tidak cukup hanya dibaca sebagai sebuah masa lalu yang lenyap begitu saja. Akan tetapi juga bisa dipahami bahwa pengalaman tersebut pada akhirnya akan membentuk dan memengaruhi bagaimana cara memaknai hidupnya.

Saya pernah merasakan betapa sengsaranya ketika kedua ginjal saya tiba-tiba tidak berfungsi (1996). Karena tidak mentaati pola hidup sehat, beberapa kali saya harus cuci darah. Berdasarkan hasil observasi, harapannya tipis untuk bisa normal kembali.

Kejang-kejang di seluruh tubuh dan rasa sakit yang luar biasa, itulah yang saya rasakan. Saya pikir barangkali seperti inilah rintihan orang yang sedang dalam keadaan sakaratul maut. Dan dari pengalaman saya menderita sakit inilah merupakan awal dari sebuah kesadaran yang harus saya bayar mahal.

Saya juga pernah dua kali terkena serangan jantung, dan satu kali terkena gejala stroke. Setelah saya sembuh dari beberapa penyakit yang cukup serius tersebut, akhirnya saya memiliki niat yang kuat untuk hijrah mengubah gaya hidup dengan pola yang lebih baik, lebih sehat dan lebih bermakna.

Masa recovery terhadap kesehatan diri selama beberapa tahun, saya nikmati dengan sering mengikuti seminar kesehatan, mengikuti training motivasi dan kesadaran, serta banyak berguru kepada dokter, apoteker, psikolog dan para ahli di bidang kesehatan lainnya.

Apa yang bermanfaat buat menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan diri, saya catat dengan baik, lalu saya bukukan dalam buku yang berjudul: ”Be Healthy be Happy” sebagai lanjutan dari buku seri kesehatan pertama: ”Rahasia Hidup Sehat dan Bahagia.” Diterbitkan oleh Bhuana Ilmu Populer, dari Kompas Gramedia Group.

Saya pikir, cara terbaik untuk memprediksi masa depan diri saya adalah dengan menciptakannya. Tanam kebaikan sebanyak mungkin, karena inilah bibit yang buahnya akan saya petik di masa depan. Apa yang saya lakukan hari ini akan menentukan masa depan saya selanjutnya.

Saya sangat meyakini bahwa kata-kata yang saya ucapkan, hal-hal yang saya pikirkan, nasihat dari orang lain yang saya dengarkan, makanan yang saya konsumsi, dan tindakan yang saya lakukan, semua itu sangat menentukan masa depan saya dan keluarga.

Karena itu, di penghujung akhir tahun ini, saya jadikan masa lalu sebagai bahan untuk introspeksi diri, sebagai pelajaran yang harus memiliki nilai tambah. Adalah suatu harapan, dengan bermuhasabah dan mau mengamalkannya, saya akan benar-benar dapat menikmati kehidupan yang lebih sehat (physically) dan bahagia (mentally).

Buat sahabat-sahabat saya yang saat ini sedang menderita sakit seperti yang pernah saya alami, hadapi saja realita kehidupan ini dengan ketakwaan. Jaga stamina dengan sebaik-baiknya dan tetap memiliki semangat hidup yang tinggi agar bisa tetap survive, tetap aktif dan produktif.

Adakalanya yang terindah bukanlah yang terbaik, dan yang sempurna juga tidak menjanjikan kebahagiaan. Tetapi ketika kita bisa bersyukur dengan ikhlas dalam menerima setiap ujian dari Allah, maka kebahagiaan akan segera hadir menemani hidup kita. Selamat menyongsong tahunmendatang dengan semangat baru.

Silakan Klik:
https://www.youtube.com/watch?v=xwTlyuoLMLc
https://www.youtube.com/watch?v=l023najVK2w

(Bandung, 27 Desember 2014; Wassalam, Muchtar A.F; www.startc.co dan www.muchtar-af.blogspot.com)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close