Kesehatan

Dampak sakit

Allow sahabat pensiunan. Sudahkah anda membaca dan memahami program Yakes Telkom tentang “Paradigma sehat ?”. Sekedar mengingatkan, silahkan anda sering mengunjungi http://www.yakestelkom.or.id; banyak manfaat yang dapat anda ambil

 

Berikut kita coba membahas tentang sakit. Tubuh sakit suatu kondisi tidak menyenangkan dan tidak diharapkan. Hal ini baru bisa dirasakan bila telah sakit. Dalam keadaan begini, maka disamping anda, keluarga ikut repot.

 

Anda atau bantuan keluarga akan berusaha membawa poli Yakes atau yang ditunjuk. Biasanya yang menganut bebas dan emosi atas penyakitnya kemanapun saran orang, biasanya ditempuh. Tanpa banyak pertimbangan misalnya ke pengobatan alternatif dan sebagainya.
Jika agak parah dan perlu istirahat di RS (opname). Keluarga menjaga, mungkin saja silih berganti menjaga dan menjenguk. Hari-harinya bagi anggota keluarga difokuskan untuk kesembuhannya. Dan bolak-balik rumah dan rumah sakit sebagai kewajiban yang harus ditunaikan.
Makanya tubuh sehat menjadi perbincangan utama, termasuk program besar Yakes untuk mengajak berparadigma “Hidup sehat”. Jadi kesehatan menjadi perhatian utama dan berpengaruh terhadap aktivitas kehidupan.

 

Bila sehat maka yang direncanakan bisa terealisasi tanpa kendala sakit. Sehat berarti berpeluang meningkatkan ketakwaan, terbuka kesempatan untuk bermanfaat bagi masyarakat lingkungan terdekat (RT-RW) atau P2Tel dan prestasi anda masih memungkinkan untuk ditingkatkan dengan berpedoman “Hari ini bisa dibuat lebih baik dari kemarin”

 

Dan sebaliknya bila anda sakit, walau segalanya (sesuai KD) biayanya ditanggung Yakes, namun tetap saja hidup ini tidak nyaman. Disamping fungsi dan aktivitas ketika sehat tidak bisa dinikmati juga dipastikan ada pengeluaran tambahansekecil apapun.

Sehat dan sakit merupakan kuasa Allah, kita tidak mungkin mengelak dari sakit, namun kita bisa menunda sakit dengan berparadiga sehat. Bagi yang dikaruniai sakit maka masih terbuka peluang untuk tidak makin parah dengan berdisiplin atas kewajiban kita untuk memenuhi arahan dokter.

 

Disamping itu langkah yang dapat dilakukan diantaranya :

  • Banyak bertanya kepada dokter tentang seputar penyakit itu setidaknya penyebab penyakit menjadi parah, dan upaya mencegah makin parahnya penyakit
  • Informasi yang dicari itu bisa juga diperoleh melalui : Media kaca, media tulis, buku, pengalaman dari yang berpenyakit dan berhasil mempertahankan menjadi “Penyakit terkendali” dan melalui dunia maya (Google)
  • Hati hati dengan maraknya iklan yang belum tentu cocok dengan kondisi anda
  • Yang tidak kalah pentingnya, mengevaluasi diri “Apa yang membuat anda menjadi sakit atau makin parah” itu agar dipakai untuk mengevaluasi agar gejala serupa tidak terulang atau membuat penyakit makin parah
  • Kesimpulannya, kalau anda sakit, disamping pengobatan dilakukan oleh Yakes Telkom, namun  tanggung jawab anda menelusur kenapa hal demikian bisa terjadi menjadi utama (FatchurR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close