Kesehatan

Wajah bolong2 bekas jerawat

Jakarta, Wajah yang dipenuhi bekas jerawat mengurangi rasa percaya diri. Karena itu, bisakah wajah kembali mulus? dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Centre mengatakan bolong2 di wajah disebabkan jerawat yang dipencet. Akibatnya, kelenjar minyak di kulit lapisan dalam pecah dan luka yang disebut jaringan parut.

“Ketika jerawat dipencet itu kelenjar minyak di kulit lapisan dalam pecah. Karena pecah menimbulkan scar atau luka (jaringan parut). Jaringan ini menarik kulit lapisan atas sehingga menimbulkan bekas cekung seperti berlubang,” tutur dr Darma, dalam acara live chat yang digelar detikHealth dan detikForum bertema ‘Menjaga Kulit Awet Muda’ di Redaksi detikcom.

dr Darma mengatakan tidak ada perawatan berupa krim atau losion yang mampu mengembalikan lubang bekas jerawat kembali seperti semula. Luka bekas jerawat yang berlubang terjadi di bagian dalam kulit sehingga obat oles yang hanya menyentuh lapisan luar kulit tidak akan berpengaruh

Meski begitu, dr Darma menjelaskan ada beberapa jenis perawatan yang bisa dilakukan, namun sifatnya hanya menyamarkan lubang agar tidak terlalu kelihatan. Perawatan menggunakan derma roller dan laser fraksional mampu menembus kulit lapisan dalam dan menyamarkan bekas jerawat.

“Prinsipnya adalah membuat luka baru di tempat bekas jerawat. Penggunaan derma roller dan laser dapat membuat luka baru yang mengakibatkan adanya kontraksi kolagen dan menyamarkan bekas jerawat,” urai dr Darma.

Perawatan kedua adalah subcutaneus incision (teknik subsisi). Seperti dijelaskan sebelumnya, bekas jerawat yang berbentuk cekung terjadi akibat adanya tarikan dari jaringan parut di lapisan kulit dalam. Teknik subsisi memotong jaringan ini untuk mengurangi tarikan dan membuat lubang bekas jerawat tidak terlalu tampak.

Jika tak ingin menggunakan derma roller, laser atau teknik subsisi, dr Darma mengatakan bisa juga menggunakan filler. Filler berupa gel mengisi cekungan di lapisan kulit dalam dan mengangkat kulit yang cekung.

“Tapi, perawatan2 ini tidak bisa mengembalikan tekstur wajah halus dan mulus. Sifatnya hanya menyamarkan membuat bekas jerawat yang berlubang tidak terlalu tampak” terangnya. (mrs/up/ Mohamad Reza Sulaeman; http://health.detik.com/read/2016/03/28/120538/3174058/763/wajah-bolong-bolong-bekas-jerawat-bisakah-kembali-mulus?l991101755)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close