Kesehatan

Prostat pembunuh nomor enam

 

01378p-Prostat dan serat 6-j 17/1ia

Jakarta, Anda pria berusia +/- 50 tahun, waspadalah. Kanker prostat merupakan pembunuh pria no. 6 di dunia dan no. 2 di AS. Belum lagi faktor genetik, gaya hidup atau pola makan yang memperbesar risiko penyakit ini. Beruntung sebuah studi menemukan bahwa diet serat tinggi dapat memperlambat perkembangan penyakit ini.

Tim peneliti dari University of Colorado Cancer Centre mengungkapkan bahwa mengonsumsi biji-bijian dan makanan yang berasal dari tumbuhan dapat berpotensi mengendalikan perkembangan kanker prostat sejak stadium awal atau dengan kata lain menghentikan pertumbuhan tumor.

Kesimpulan ini diperoleh setelah peneliti membandingkan kondisi tikus yang diberi makan inositol hexaphosphate (IP6) atau komponen utama dari diet serat tinggi dengan tikus yang tidak diberi makan serat. Kemudian kedua kelompok tikus dipindai untuk mengetahui perkembangan kanker prostatnya.

Hasilnya, benar terlihat adanya penurunan volume tumor yang dramatis akibat efek IP6 terhadap pertumbuhan pembuluh darah. Pembuluh darah ini bertugas menyuplai energi pada kanker sedangkan IP6 dapat mencegah agar tumor tak mampu membuat pembuluh darah baru yang mereka perlukan itu.

Padahal tanpa adanya energi ini, tumornya tak dapat tumbuh dengan baik. Bahkan terapi dengan IP6 disinyalir dapat memperlambat kanker prostat untuk memetabolisir glukosa.

“Sejumlah mekanisme yang mungkin digunakan oleh IP6 untuk memberikan dampak terhadap proses metabolisme ini diantaranya mengurangi jumlah protein bernama GLUT-4 yang berfungsi sebagai pengangkut glukosa,” terang Dr. Komal Raina dari University of Colorado Cancer Centre seperti dikutip dari Daily Mail, 12/1/2013.

Studi lain dari University of California San Fransico mengungkapkan serat berperan penting mencegah kanker. Pasalnya pria yang mengonsumsi sedikitnya 28 porsi sayuran perminggunya berisiko lebih kecil terserang kanker prostat ketimbang pria yang makan kurang dari 14 porsi sayuran setiap minggunya.

Banyak studi yang membuktikan, sayuran tertentu seperti brokoli, kubis, kembang kol, kale, sprout Brussel serta bok choy dapat menurunkan risiko kanker prostat.  (vit/vit; http://health.detik.com/read/2013/01/12/115912/2140304/763/perbanyaklah-makan-makanan-tinggi-serat-saat-kanker-prostat-mengintai?l771108bcj)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close