Kesehatan

Covid-19 di Hotel Mewah Singapura, Nular Lewat Handuk

(jawapos.com/internasional)- Sebanyak 13 kasus Covid-19 muncul di hotel bintang-5, Mandarin Orchard Singapore. Pasien diduga tertular di hotel saat ikut program karantina atau Stay Home Notice (SHN).

 

Para ahli minta hal itu diselidiki sebab faktor manusia (human factor) diduga kuat penyebabnya. Apalagi uniknya, 13 kasus itu tertular dengan virus Korona bergenom yang sama, ada kemiripan. Padahal mereka datang dari 10 negara berbeda.

 

Kemungkinan mereka terinfeksi selama tinggal di hotel, mengingat karena genom virus. Ada berbagai kemungkinan hal ini bisa terjadi. Ahli Penyakit Menular Profesor Ooi Eng Eong dari Duke-NUS Medical School, menyarankan agar penularan di hotel diselidiki dan prosedur operasi standar harus diaudit untuk mengetahui kepatuhan protokol kesehatan.

 

Sebelumnya pihak Kementerian Kesehatan (MOH) dan Badan Pariwisata Singapura menjelaskan, pemerintah mengambil pandangan serius pada tiap pelanggaran protokol dan akan menyelidiki dan mengambil tindakan jika ada ketidakpatuhan.

 

Dilansir dari Straits Times, (24/12), Ahli Penyakit Menular lainnya Associate Professor Hsu Liyang dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Saw Swee Hock, mengatakan 13 orang antara 22/10 dan 11/11/20 November dipastikan terinfeksi antara 2 dan 19/11/2020. Maka sebuah sumber penularan tunggal untuk penyebaran virus dianggap tidak mungkin.

 

“Jika mereka tidak bertemu satu sama lain selama mereka tinggal, maka bisa jadi staf hotel atau objek yang membentuk rantai transmisi,” kata ahli.

 

“Penyebarannya bisa melalui handuk dan seprai akan tergantung pada bagaimana ini didistribusikan setelah dibersihkan”, katanya.

 

Rekannya, Associate Professor Alex Cook yang juga.wakil dekan penelitian di sekolah menambahkan, bahwa menarik diketahui apakah ada pengelompokan spasial dari 13 orang tersebut. Apakah mereka yang tinggal di kamar di lantai yang sama dan berdekatan satu sama lain.

 

Dokter Penyakit Menular dari Akademi Kedokteran, dr Asok Kurup, mengatakan selain penularan melalui anggota staf atau beberapa benda, ventilasi dan limbah juga perlu diperhatikan. Sebagai kemungkinan sumber penularan. “Faktor manusia lebih mungkin menjadi penyebab penularan di hotel,” jelasnya.

 

(Editor : Dimas Ryandi; Reporter : Marieska Harya Virdhani; Sowarsono A70; Bahan dari : https://www.jawapos.com/internasional/24/12/2020/muncul-13-kasus-covid-19-di-hotel-mewah-singapura-nular-lewat-handuk/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close