Iptek dan Lingk. HidupTELKOMGrup dan SEKAR

Telkom dukung Kopasus adopsi big data

Kopasus Det-181 Cijantung dipimpin Wadansat 81 Letkol Inf. Murbiantoro Adi Wibowo mengunjungi Bandung Comand Center (BCC) di Kantor Walikota. Rombongan Kopasus didampingi EVP Regional 2 Telkom Prasabri Pesti, EVP Regional 3 Suparwiyanto, Head of Business Development Big Data Project Telkom Edwin Purwandesi dan SM Regional Solution Integration Andri Nopendra.

Rombongan bertemu dengan Walikota Bandung Ridwan Kamil dan disambut di BCC oleh Kadis Kominfo Bpk Aos W.A Bintang. Prasabri menyambut baik kunjungan Kopasus ke BCC untuk melihat secara langsung pemanfaatan Big Data dan social media yang sudah diimplementasikan dengan baik di Bandung. Menurutnya, pemanfaatan Big Data sangat baru di Indonesia.

Telkom yang pertama menginisiasi dan mengembangkan Big Data di berbagai aspek, seperti bank, government, healthcare. Kesempatan menggarap Nasional Security ini yang pertama. “Kunjungan ini menjadi titik awal baik. Semoga pemanfaatan Big Data ini akan membuat Kopasus lebih maju dalam penerapan teknologi di dunia militer,” ujar Prasabri.

Sementara EVP Regional 3 Suparwiyanto sebagai tuan rumah berterimakasih atas kehadiran Kopasus di Regional 3 Jabar. Suparwiyanto yakin, kunjungan Kopasus bernilai yang luar biasa di kota Bandung. “Mudah2an kerjasama Telkom-Kopasus jadi sinergi luar biasa untuk kepentingan bangsa,” harapnya.

Dalam kesempatan ini Wadansat 181 Letkol Inf. Murbiantoro Adi Wibowo menyampaikan kunjungan ke BCC ini untuk melihat secara langsung pemanfaatan Big Data untuk diaplikasikan pengembangannya di Kopasus. Diakuinya, kunjungan ini sangat bermanfaat sebagai referensi bagi Kopasus.

Menurut Letkol Inf. Murbiantoro Big Data sangat bagus untuk sisi militer, dapat menjawab tantangan ke depan dalam dan luar negeri. Contoh, dapat dipakai untuk mengetahui persepsi negara lain terhadap pertahanan negara Indonesia.

“Harapannya, kami segera mengadopsi teknologi ini sehingga Kopasus jadi pilot project pemanfaatan Big Data. Hal ini akan menjadi kebanggaan kami, di satuan dan TNI,” jelasnya. Sambil mengoperasikan cara kerja BCC, Kabid Telematika Dinas Kominfo Bandung Sri Dhiandini menjelaskan seputar tentang BCC.

Menurutnya, BCC merupakan teknologi pusat komando pengendali data dan pelaporan Pemkot Bandung untuk memberikan solusi cepat terhadap permasalahan kota Bandung. BCC merupakan salah satu pemanfaatan Big Data yang dikembangkan Telkom.

BCC dilengkapi perangkat lunak dan perangkat keras dalam ruang pantau yang didisain seperti film star trek. Melalui ruang ini antara lain dapat memantau kondisi jalanan melalui CCTV serta melihat posisi kendaraan dari GPS tracking.

Sebelum kunjungan ke BCC, rombongan Kopasus diterima di Kantor Divre 3 di Bandung dan mendapat paparan dari Head of Business Development Big Data Project Telkom tentang Smart in Cyber: Membangun Ketahanan Nasional Berbasis Big Data.

(http://www.telkom.co.id/telkom-dukung-kopasus-adopsi-big-data-di-militerkopasus-detasemen-181-cijantung-dipimpin-wadansat-81-letkol-inf-murbiantoro-adi-wibowo-mengunjungi-bandung-comand-center-bcc-yang-berlokasi-di-kantor.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close