Iptek dan Lingk. Hidup

Alat baru pemantau kemacetan

Jakarta, KompasOtomotif-Korlanta) Polri menyiapkan alat bantu baru yang mengidentifikasi kemacetan di berbagai titik rawan selama arus mudik dan balik mudik Lebaran 2015. Seperti tahun lalu, kamera udara atau yang disebut helycam dan kini akrab disebut ”drone” masih menjadi andalan.

Seperti dijelaskan Kabag Operasi Korlantas Polri Kombes Pol Istiono, alat bantu ini akan memaksimalkan pantauan, khususnya di berbagai titik yang diduga menjadi pemicu kemacetan sepanjang jalur mudik.

”Memantau kondisi arus lalu lintas dari ketinggian menjadi keharusan, karena diharapkan informasi kepada petugas bisa sampai lebih cepat dan akurat,” kata Istiono.

Adanya helycam, dibantu CCTV, diharapkan polisi di lapangan bisa mengarahkan pemudik lebih dini untuk ditunjukkan jalur alternatif jika kepadatan mencapai titik parah. Sepeda motor kecil sudah disiapkan Korlantas untuk dipakai petugas mengurai kemacetan.

”Kamera terbang” ini juga akan banyak berguna untuk memantau kontur jalan yang naik-turun, seperti di jalur Selatan atau selepas kawasan Nagreg. Atau, kawasan lain di daerah rawan macet di Jawa Tengah serta Jawa Timur.

Helycam yang digunakan Korlantas Polri akan disiagakan di 10 titik dengan jumlah unit mencapai 21 buah. Sementara CCTV yang siap memantau sepanjang arus mudik tersebar di 483 titik. (Donny Apriliananda; Azwar Ferdian; http://ramadhan.kompas.com/read/2015/07/07/1458003/alat.baru.polisi.buat.atasi.kemacetan.mudik)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close