Wisata dan Kuliner

Kadaver Museum pertama di Batu

The Bagong Adventure Museum Tubuh, atraksi wisata edukasi tentang organ tubuh. Ini jadi museum pertama di Indonesia yang memamerkan cadaver, yakni organ2 tubuh manusia yang diawetkan. Museum di kompleks Jawa Timur Park 1 di Kota Wisata Batu jadi museum kadaver terlengkap, terbesar di Indonesia dan pertama di Asia Tenggara.

Museum ini sebagai pembelajaran organ tubuh manusia dan aktifitas, fungsi dan perawatannya. Bukan hanya mereka yang berkecimpung dalam dunia kedokteran dan kesehatan saja yang memanfaatkan tapi para pelajar dan masyarakat, mengenali dan mempelajari tubuh kita dengan cara yang menyenangkan.

Bagong ialah salah satu sosok tokoh punakawan terkenal cerdik dan lucu. Dengan karakter Bagong, pengelola museum ingin mengajak khalayak menimba IPTEK dan memperluas wawasan itu asyik. Bangunan yang dicat penuh warna, ‘meringankan’ kesan berat dan angker dari materi yang dipamerkan di dalam museum.

Menampilkan bagian2 tubuh manusia yang diawetkan, maka beberapa prosedur harus ditempuh sesuai peraturan di Indonesia. Salah satunya, pengunjung yang boleh masuk ruang pameran kadaver minimal berusia 18 tahun dan selama berada di ruang pamer dilarang mengabadikan gambar kadaver yang ditampilkan.

Kadaver yang dipamerkan itu bersertifikat. Materi pamerannya dipasok dari pembuat kadaver di Taiwan yang memiliki izin tertulis di Asia dan diakreditasi oleh lembaga dunia. Berkunjung ke Museum Tubuh rasanya seperti masuk ke dalam rongga dan sel-sel tubuh kita sendiri.

Untuk membantu mengenali fisik kita, di setiap area ruang ada pemandu siap menerangkan, alat2 peraga mengkomunikasikan materi pameran kepada pengunjung secara interaktif. Agar kepala tidak mumet, pengelola museum menyiapkan 2 area kafe, Cafe Gigi dan Cafe Pemeriksaan.

Museum juga dilengkapi toilet, toko buku dan toko suvenir. Di beberapa titik di museum disediakan tempat berfoto “selfie”, sebab sebenarnya di dalam museum apapun pengunjung dilarang memotret demi keamanan dan tidak merusak koleksi atau materi yang dipamerkan.

Di Kafe Pemeriksaan, tersedia pemeriksaan kesehatan gratis dilakukan perawat2 dari sekolah2 keperawatan di kota Batu dan sekitarnya. Setelah dijelaskan oleh pemandu, pengunjung yang penasaran bisa memeriksakan tingkat gula darah.

Juga gejala-gejala diabetes, kolesterol, asam urat, tekanan darah, tingkat kepadatan tulang untuk mengetahui gejala2 kemungkinan osteoporosis, cek golongan darah, kesehatan mata, memeriksakan berat dan tinggi badan ideal Anda. Museum buka tiap hari mulai 08.30– 16.30. Harga tiket masuk Senin-Kamis Rp 40 ribu dan akhir pekan dan liburan Rp 60 ribu per orang.

Cadaver
Kadaver artinya tubuh yang telah mati. Istilah “cadaver” digunakan dalam konteks medis merujuk pada tubuh manusia meninggal yang sedang digunakan untuk kepentingan medis, atau tubuh binatang yang telah mati ketika berada dalam perawatan medis.

Ketika kadaver dimanfaatkan untuk keperluan medis, mereka dapat dibedah untuk tujuan pendidikan, atau digunakan jadi sumbangan kadaver. Diseksi sangat dihormati dalam pelatihan medis yang dirancang membantu siswa terbiasa menghadapi jenazah dan proses kematian.

Secara historis, mendapat kadaver untuk diseksi sangat menantang, karena banyak yang menentang praktik itu, tapi sekolah2 kedokteran modern dibantu banyak donor yang memahami nilai diseksi bagi komunitas ilmiah. Diseksi modern menggunakan jenazah atau bagian dari organ tubuh yang telah diawetkan demi keselamatan dan difokuskan untuk tujuan pendidikan.

Beragam penelitian medis dilakukan dengan bantuan kadaver. Banyak ahli bedah mengasah keterampilan dan mempraktikkan prosedur2 baru pada jenazah. Karena melakukan studi terhadap manusia yang hidup tak mungkin, simulator2 pun tidak akan berguna tanpa data dari tubuh manusia sebenarnya, dengan memanfaatkan jenazah dapat menetapkan standar2 dan mempelajari macam2 efek berbagai dampak dan aktivitas pada tubuh manusia.

Donasi kadaver dilakukan setelah mendapatkan izin dan restu dari anggota keluarga. Dan berbagai material yang dibawa pada kadaver dapat disimpan di sebuah bank jaringan sampai ada penerima yang butuh. (Yun Damayanti; http://traveltourismindonesia.com/museum-kadaver-pertama-di-asia-tenggara-di-batu.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close