Iptek dan Lingk. Hidup

Kesepakatan WTO membebaskan bea impor produk teknologi

Jakarta – Organisasi Perdagangan Dunia, WTO, mengatakan para anggotanya sepakat menghapuskan bea impor senilai US$1,3 triliun untuk produk2 teknologi. Dirjen WTO, Roberto Acevdeo, menyambut baik langkah yang menciptakan lapangan kerja dan menurunkan harga produk teknologi.

“Menghapuskan tarif perdagangan sebesar ini akan memiliki dampak besar,” tambahnya. Kesepakatan Jumat 24 Juli itu mencakup 200 produk dengan nilainya mencapai sekitar 7% dari total perdagangan dunia saat ini.

Tahun depan masing-masing negara akan mulai mengurangi bea atas produk-produk tersebut, antara lain layar sentuh, permainan komputer, GPS, dan peralatan kesehatan. “Ini lebih besar dari perdagangan global produk2 otomotif atau perdagangan tekstil, pakaian, besi, dan baja jika digabungkan,”

Rincian menyeluruh akan diungkapkan pekan depan namun WTO mengatakan bahwa penghapusan bea akan dicapai dalam waktu tiga tahun. Kesepakatan ini merupakan perluasan dari sebuah pakta yang dicapai tahun 1996 oleh 81 anggota WTO, yang disebut dengan Kesepakatan Teknologi Informasi, ITA.

Tahun 2012 lalu, para negara anggota berpendapat bahwa kondisi baru untuk ITA dibutuhkan karena inovasi dan perkembangan teknologi yang drastis. ((gah/gah; http://m.detik.com/news/bbc-world/2975046/kesepakatan-wto-menghapus-bea-impor-produk-teknologi)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close