Iptek dan Lingk. Hidup

Jepang Memakai Robot Monster Serigala

(techno.okezone.com)-PENDUDUK Takikawa di Pulau Hokkaido, Jepang, beralih ke robot monster serigala untuk menakut-nakuti beruang liar yang berkeliaran di wilayahnya. Rupanya ancaman beruang di sana kejadian biasa. Hewan buas itu kerap datang ke permukian penduduk mencari makan.

 

Biasanya petugas menyewa pemburu untuk menjebak beruang dan mengeluarkannya dari kota. Tapi kali ini penduduk mencoba lebih kreatif dengan  menakuti beruang. Robot mekanik berjuluk Monster Wolf ini dibuat menggunakan mesin dari perusahaan manufaktur Ohta Seiki yang berlokasi di Hokkaido.

 

Monster Wolf dilengkapi sensor inframerah yang dapat mendeteksi saat beruang atau satwa liar lain berada di sekitarnya. Demikian dilaporkan SoraNews24. Dikutip dari Cnet, (22/10/2020), penduduk kota memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memenuhi kebutuhannya dengan memakai robot untuk menakuti hewan liar yang ingin masuk ke kota.

 

Cara kerja robot itu simpel. Ketika beruang/hewan lain memicu sensor Monster Wolf, kepala robot bergerak dan mata merah LED menyala. Speaker dalam robot mengeluarkan suara keras, termasuk lolongan serigala, suara tembakan, dan suara manusia, untuk mengejutkan serta mengusir satwa liar.

 

Ide memiliki robot untuk mengusir satwa liar yang mengganggu seperti beruang tampaknya populer di Jepang, karena 62 komunitas memiliki versi robot Monster Wolf mereka sendiri yang sedang beroperasi.

 

(han; Felix Refialdo Handono, Jurnalis; Bahan dari : https://techno.okezone.com/read/2020/10/22/16/2297917/usir-beruang-liar-penduduk-jepang-gunakan-robot-monster-serigala)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close