Iptek dan Lingk. Hidup

Mobil terbaik untuk lansia

Washington-Produsen mobil mungkin tak ingin disebut mobilnya orang tua. Tapi pengguna mobil yang umurnya tua itu pasar yang besar dan jumlahnya meningkat. Misalnya di AS Pengendara lansia (di atas 65 th) jumlahnya bertambah dari hari ke hari. Bahkan naik hingga setengahnya antara 1999 – 2015.

Orang sering mengatakan risiko bahaya yang muncul jika mobil dikendarai oleh orang tua. Tapi faktanya pengendara muda malah lebih bahaya. Kalangan yang sering mengalami kecelakaan adalah mereka yang berusia produktif dan masih remaja.

Karena adanya potensi yang besar itu dari orang tua, CNNMoney, Minggu (4/6/2017), melansir 25 kendaraan terbaik bagi lansia termasuk model Crossover SUV dan beberapa sedan versi lembaga yang berpengaruh Consumer Reports (CR). Lantas apa mobil terbaik versi lansia menurut CR?

Posisi 5 teratas diisi Subaru Forester, Subaru Forester, Subaru Outback, Kia Soul, Subaru Legacy, and Kia Sportage. Ada juga Ford Escape, Nissan Rogue, Toyota Corolla, dan Hyundai Santa Fe. Memilih mobil yang sesuai bisa mengurangi ketidaknyamanan pengendara lansia, beda dengan pengendara muda itu semua tidak terlalu jadi masalah. Faktor2 yang mempengaruhi lansia memilih mobil.
1-Akses kursi depan
Akses pintu depan untuk si pengendara lansia penting karena jadi tempat keluar masuk si pengendara. Tidak terlalu rendah dan tak terlalu tinggi sehingga bisa langsung berada di balik kemudi setir.
2-Penglihatan
Model mobil jenis apapun tak masalah asal si pengendara bisa memiliki jarak pandang yang jelas.

3-Kontrol
Mobil baik untuk pengendara lansia harus memiliki layar odometer yang mudah dibaca dan kontrol yang tak terlalu ribet. Termasuk knob dan beberapa tombol seperti radio, climate control, dan tuas transmisi.

4-Lampu Depan
Beberapa pabrikan menawarkan model lampu depan yang beda2. Ini penting bagi lansia, karena penglihatannya sudah kurang baik sehingga butuh lampu depan dengan pencahayaan baik. (dry/ddn; Dina Rayanti; https://oto.detik.com/mobil/d-3519428/mobil-terbaik-untuk-para-lansia)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close