Iptek dan Lingk. Hidup

Lima Belas Tahun Perjalanan Google Maps

(indotelko.com)- JAKARTA; Tahun 2005, Google memulai inisiatif memetakan dunia. Sejak itu, Google Map membuat terobosan mengenai fungsi peta: dari rute terbaik ke suatu tempat hingga membantu pengguna menjelajah dan beraktivitas.

 

Dengan lebih dari 1 miliar orang mengandalkan Google Maps melihat dan menelusuri dunia, kini Google memberi tampilan baru dan update : Penampilan baru menyeluruh. Mulai hari ini, Anda bisa mendapat aplikasi Google Maps versi baru untuk Android dan iOS. Semua yang dibutuhkan dapat diakses mudah melalui 5 tab: Jelajahi, Perjalanan, Tersimpan, Kontribusi, dan Terbaru.

 

Jelajahi: Mencari tempat makan siang, hiburan, atau bermain game di sekitar Anda? Di tab Jelajahi, Anda menemukan info, rating, ulasan, dll lebih dari 200 juta tempat di dunia, termasuk restoran, objek wisata, dan bangunan menarik terdekat.

 

Perjalanan: Apakah Anda bepergian naik mobil atau transportasi umum, tab Perjalanan memastikan Anda ambil rute paling efisien. Atur dan simpan perjalanan harian Anda di aplikasi untuk mendapat info terbaru realtime tentang keadaan lalu lintas, lama perjalanan, dan saran rute alternatif.

 

Tersimpan: Orang-orang telah menyimpan lebih dari 6,5 miliar tempat di Google Maps—dari supermarket baru di sekitar kota sampai restoran terkenal di daerah. Anda bisa melihat semua tempat menarik ini dalam satu halaman yang mudah diakses. Anda bisa menyusun rencana perjalanan dan membagikan rekomendasi berdasarkan tempat yang pernah Anda datangi.

 

Kontribusi: Setiap tahun ratusan juta orang mengkontribusikan info yang membantu Google Maps terus memperbarui data. Dengan tab Kontribusi, Anda dapat dengan mudah membagikan informasi lokal, seperti detail tentang jalan dan alamat, tempat yang belum ada, ulasan suatu bisnis, dan foto. Setiap kontribusi bermanfaat untuk membantu orang lain mencari tahu tempat dan aktivitas baru.

 

Terbaru: Tab Terbaru memberi Anda info tempat yang tren dan harus dikunjungi menurut pakar dan penerbit konten lokal, seperti The Infatuation. Selain mencari, menyimpan, dan membagi rekomendasi dari dan ke jaringan Anda, Anda juga bisa melakukan chat dengan bisnis untuk meminta informasi.

 

Google Maps juga memperbarui tampilan dengan ikon baru mencerminkan perkembangan dalam memetakan dunia. Ikon baru ini berbentuk pin, bagian penting dari Google Maps sejak awal, dan menunjukkan perluasan misi kami. Kini, kami selain Anda ke suatu tempat, kami juga mempermudah Anda dalam menemukan tempat dan pengalaman baru.

 

Agar Anda dapat merencanakan perjalanan lebih mudah, kami menambahkan info baru dari penumpang sebelumnya tentang rute Anda, sehingga Anda akan segera bisa melihat detail-detail penting seperti:

 

Suhu: Supaya perjalanan lebih nyaman, periksa lebih dulu suhu akan cenderung dingin atau hangat menurut penumpang sebelumnya.

 

Aksesibilitas: Kalau Anda berkebutuhan khusus atau butuh dukungan tambahan, Anda bisa mengetahui transportasi umum yang menyediakan staf pembantu, pintu masuk dan kursi untuk difabel, tombol stop yang mudah diakses, atau LED bervisibilitas tinggi.

Kereta Perempuan: Cari tahu dengan mudah apakah tersedia gerbong atau area khusus perempuan.

 

Fasilitas Keamanan: Periksa apakah tersedia fasilitas keamanan agar Anda bisa tenang—apakah itu petugas keamanan, kamera pengawas, atau alat komunikasi meminta pertolongan.

Jumlah gerbong yang tersedia: Khusus di Jepang, Anda bisa pilih rute berdasar jumlah gerbong yang tersedia untuk meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan tempat duduk.

 

Info bermanfaat ini diberikan penumpang sebelumnya yang membagikan pengalaman mereka, dan akan ditampilkan bersama rute transportasi umum jika tersedia. Untuk membantu penumpang setelah Anda, Anda bisa menjawab survei singkat di dalam Google Maps tentang pengalaman Anda dalam perjalanan baru-baru ini.

 

Kami mulai meluncurkan fitur ini secara global pada bulan Maret. Ketersediaannya bervariasi menurut wilayah dan badan penyedia transportasi. Sejumlah atribut baru membantu Anda mengambil keputusan  dalam menyusun rencana perjalanan.

 

Pemandu arah

Tahun lalu, Google Maps meluncurkan Live View untuk membantu Anda memutuskan dengan cepat ke arah mana harus melangkah saat kewat rute jalan kaki di Google Maps. Dengan memadukan citra dunia nyata dari Street View, sensor machine learning dan smartphone, Live View di Google Maps dapat menunjukkan lingkungan sekitar Anda dengan disertai petunjuk arah dalam format augmented reality.

 

Beberapa bulan mendatang, Google Maps akan memperluas ketersediaan Live View dan menguji  kemampuan baru, dimulai penyediaan bantuan yang lebih baik saat Anda mencari sebuah tempat. Anda akan dengan cepat mengetahui jarak dan arah ke suatu tempat.

 

Live View segera hadir untuk memandu arah jalan kaki Anda dengan cara baru. (pg; Bahan dari : https://www.indotelko.com/read/1581138282/15-tahun-google-maps)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close