Islam

Kiat Merubah Nasib dan Meraih Rezeki

Sering kita dengar orang mengeluh perihal nasib, namun tidak melakukan ikhtiar nyata. Terutama yang berkaitan dengan upaya meraih. Seperti yang kita ketahui, nasib adalah bagian dari Takdir yang belum terjadi dan tentunya masih bisa berubah jika kita memohon kepadaNya.

Allah SWT telah memberi petunjuk melalui Rasul-Nya yaitu Nabi Muhammad SAW bagaimana kita dapat memohon perubahan takdir/ nasib yang belum terjadi. Ada beberapa langkah ikhtiar yang bisa kita lakukan guna merubah serta memperbaiki nasib, yaitu :

1. Tidak boleh Takabur.
Mulailah mengharap hasil dari segala perbuatan dengan ucapan “Insya Allah”, sebagaimana tertera dalam surat AlKahfi ayat24 : “Kecuali (dengan menyebut): “Insyaa Allah” dan ingat pada Tuhan-mu jika kamu lupa dan katakan: “Mudah2 Tuhan-ku akan memberiku petunjuk pada yang lebih dekat kebenaran dari pada ini”.

Mengucapkan “Insya Allah” agar segala perilaku kita tidak mendahului Allah. Surat Al Hujuroot ayat1 : “Orang2 yang beriman, jangan kamu mendahului Allah dan Rosuul-Nya dan bertaqwalah padaNya, Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

2. Memperbanyak mengingat Allah dengan dzikir.
Selain larangan takabur, merubah nasib bisa dilakukan dengan mengingat Allah melalui dzikir dan do’a. Firman Allah Surat AlAnkabuut ayat 17 :

“Apa yang kamu sembah selain Allah itu adalah berhala dan kamu membuat dusta, yang kamu sembah selain Allah itu tidak mampu memberikan kepadamu; Maka mintalah rezeki itu padaNya dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. Hanya kepada-Nya-lah kamu akan dikembalikan”.

Adapun dzik ir serta do’a yang utama adalah shalat Tahajud. Sebagaimana Allah berfirman dalam surat Al Isra’ ayat 79 : “Dan pada sebahagian malam hari sholaat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji”.

3. Memperbanyak sedekah.
Setiap harta yang disedekahkan akan terus bertambah. “Apapun harta yang kalian infakkan maka Allah pasti menggantikannya, dan Dia adalah sebaik-baik pemberi rizki.” (QS. Saba’: 39). Yang perlu diperhatikan saat bersedekah. Salah satunya anjuran menyembunyikan segala harta yang akan disedekahkan.
رجل تصدق بصدقة فأخفاها، حتى لا تعلم شماله ما تنفق يمينه

4. MenyambungTali Silaturrahim.
“Siapa menghendaki kehidupan akhirat dan berikhtiar kearah itu dengan sungguh2 sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu orang2 yang usahanya dibalas dengan baik”.(QS. Al Isra :19).

“Telah menceritakan kepada kami, dari Anas bin Malik RA ; Aku dengar Rosul bersabda: “Siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau meninggalkan nama sebagai orang baik setelah kematiannya hendaklah dia menyambung silaturrahim”.(HR.Bukhori no.1925).

Demikian kiat merubah nasib meraih rezeki yang bisa kita lakukan. Semoga Allah SWT membukakan pintu rezeki kepada kita semua. Menurunkan ke bumi bila rezeki kita masih berada di langit. Serta mendekatkan rezeki kita yang mungkin saat ini masih jauh. Amin 3x Yaa Rabbal ‘Aalamiin. (Kiriman : Muhammad Sufron Chaffas)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close