Iptek dan Lingk. Hidup

Bundaran Hobart terbaik di dunia

Jakarta-Bundaran Rel yang populer di Hobart dinobatkan sebagai “bundaran terbaik tahun ini” oleh kelompok internasional pemerhati lalu lintas. Sebuah putaran adalah bundaran satu arah di mana lalu lintas mengalir berlawanan dengan arah jarum jam.

Bundaran peraih penghargan di Hobart ini, awalnya, dibangun untuk stasiun kereta api utama kota.
Sebuah air mancur dan taman untuk pejalan kaki berada di tengah bundaran, di saat pusaran lalu lintas mengelilingi tempat ini.

Selama dua tahun terakhir, “penghargaan atas bundaran satu arah” diberikan kepada 2 bundaran di AS. Pada tahun 2013, penghargaan diberikan kepada Bundaran Columbus di New York yang duduk di sudut barat ikon Manhattan, Central Park.

Pada tahun 2014, penghargaan diraih Bundaran Air Terjun Idaho di daerah Bonneville, Idaho. Kevin Beresford, Presiden Masyarakat Pengagum Bundaran yang berbasis di Inggris, mengatakan, Bundaran Hobart sungguh menonjol.

“Komite kami terpesona oleh usaha, inovasi dan antusiasme atas renovasi bundaran favorit di Hobart,” ujarnya. “Warga Hobart harus merasa sangat bangga karena kota mereka meraih salah satu penghargaan tertinggi yang diberikan kepada bundaran satu arah,” tambahnya.

Masyarakat Pengagum Bundaran memuji kebun bundaran ini yang tertata baik. Air mancurnya juga dinilai spektakuler, dengan pengaruh ruang-usia. Geoff Parr adalah salah satu dari tiga desainer yang memenangkan kompetisi nasional untuk merancang pusat bundaran ini, air mancur, di tahun 1961.

“Ini cukup menjadi pusat perhatian yang menarik dan ini membawa kehidupan ke kota,” katanya. “Sempat ada kritik dan akan selalu ada kritik mengenai dengan pekerjaan umum, saya tak bisa mengatakan itu dihargai secara bulat tapi saya pikir umumnya orang sangat menyukainya,” kemuka Geoff.

Walikota Hobart, Sue Hickey, merasa senang upaya restorasi bundaran ini yang senilai 370.000 dolar (atau setara Rp 3,7 miliar) akhirna diakui. “Jadi ini benar-benar air mancur yang cukup spektakuler dan banyak digemari oleh warga Hobart,” katanya.

Tapi tak semua orang mengagumi kompleksitas bundaran ini. Pada bulan Maret, analisis independen dari data kecelakaan mengungkapkan, ada sekitar 1.700 kecelakaan di Bundaran Rel antara 2004 dan 2014.

Pada saat itu, Klub Mobil Australia (RACT) menyerukan adanya kajian keselamatan dan perubahan yang potensial terhadap infrastruktur. Tapi Alderman Hickey percaya, perubahan apapun terhadap ikon kota ini akan memicu kemarahan publik.

Masyarakat Pengagum Bundaran akan menampilkan putaran satu arah di Hobart dalam kalender tahunan mereka, yang untuk beberapa orang merupakan barang koleksi.
(nwk/nwk; http://m.detik.com/news/australia-plus-abc/2983337/bundaran-di-hobart-ini-dinobatkan-sebagai-bundaran-terbaik-di-dunia)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close