Wisata dan Kuliner

Festival Lembah Baliem kini mendunia(3)

(Serial)-Setiap suku memiliki identitasnya masing-masing dan orang dapat melihat perbedaan yang jelas di antara mereka sesuai dengan kostum dan koteka mereka.

Lelaki suku Dani biasanya memakai koteka kecil, sedang laki-laki suku Lani mengenakan koteka lebih besar, karena tubuh mereka lebih besar dari rata-rata laki-laki Suku Dani. Sedangkan kaum laki-laki Suku Yali memakai koteka panjang dan ramping yang diikatkan oleh sabuk rotan dan diikat di pinggang.

Menghadiri Festival Lembah Baliem maka Anda akan memiliki kesempatan langka untuk belajar dan bersentuhan langsung dengan beragam tradisi suku-suku setempat yang berbeda-beda tanpa harus mengunjunginya ke pedalaman Papua yang jauh dan berat.

Diperkirakan festival ini diikuti oleh lebih dari 40 suku lengkap dengan pakaian tradisional dan lukisan di wajah mereka.

Yang perlu Anda lakukan selama festival hanya mengamati dan menikmati perang saja sambil memotret. Semakin lama festival ini berlangsung maka suasana perang dengan tombak, parang, dan panah yang menghantam lawan akan semakin dekat dan seru.

Semakin banyak tombak yang meleset maka semakin keras sorakan dari ratusan penonton. Suku-suku ini telah mengikuti festival perang setiap tahun sehingga acaranya semakin menarik tiap tahunnya.

Festival Lembah Baliem memang diadakan selama 3 hari. Anda bisa menyaksikan festival pada saat pembukaan di hari pertama. Karena suasana memang meriah pada saat pembukaan. Pada hari lain anda bisa berjalan jalan sambil memotret keindahan alam Lembah Baliem yang memukau.
Terus terang Lembah Baliem Wamena merupakan destinasi impian saya, sudah 3 tahun saya selalu gagal ke sini dan akhirnya baru kesampaian sekarang karena akses menuju sini sangatlah mahal.

Terbatasnya hotel dan kendaraan yang ada di sini apalagi pada saat festival membuat hotel di Wamena penuh tamu dan sangat susah mencari penginapan. Jika anda ingin mengunjungi Wamena pada saat festival, saya sangat menyarankan untuk ikut trip saja. Jika anda mendadak datang ke sini, saya bisa pastikan susah mendapat penginapan dan kendaraan (mobil saja ke sini diangkut pesawat terbang).

Saya berkesempatan ke Wamena dengan teman baik saya Rizky dari PesonaIndo. Rizky inilah yang mengatur semua kebutuhan serta akomodasi saya dan teman-teman selama di Wamena sehingga saya bisa fokus memotret.

Untuk mengunjungi Wamena lebih baik kita ikut trip bareng dengan tujuan menghemat budget. Silakan yang mau ke Wamena bisa kontak teman baik saya Rizky di 0813-2922-8505 atau membuka www.pesonaindo.com. Selamat menikmati keindahan budaya Indonesia Timur. Tamat …….. (BARRY KUSUMA; I Made Asdhiana; www.alambudaya.com dan http://travel.kompas.com/read/2015/08/21/101600927/Festival.Lembah.Baliem.yang.Mendunia)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close