Iptek dan Lingk. Hidup

Tanaman pengusir nyamuk

KOMPAS.com – Memasuki musim kemarau, keberadaan nyamuk yang bertambah merupakan keniscayaan. Belum lagi, jika Anda adalah tipe orang yang mudah terkena gigitan nyamuk.

Untuk menghindarinya, Anda perlu meluangkan waktu di taman dan menggunakan keterampilan menanam. Anda bisa membuat oase yang bebas dari nyamuk berdengung dan menggigit. Berikut ini 12 tanaman pengusir nyamuk yang dapat dimasukkan ke dalam ruang hidup di luar ruangan Anda.

1. Basil
Tanaman ini sangat efektif memukul mundur nyamuk jika ditanam di sekitar rumah Anda. Basil juga bisa diletakkan di jendela, beranda, dan tempat lainnya.
2. Catnip
Beberapa penelitian melaporkan, catnip 10 kali lebih ampuh menolak nyamuk dibandingkan semprotan. Jika Anda punya kucing, mereka akan mendapatkan banyak hiburan dari setiap catnip yang ditanam.

3. Floss silk
Produsen obat nyamuk sering menggunakan bunga ini karena bau menjijikannya untuk nyamuk. Meskipun tanaman ini tidak mudah untuk tumbuh, saat berbunga, floss silk menciptakan pemandangan yang indah di kebun manapun.

4. Geranium
Mudah untuk dirawat, cantik, dan menghilangkan nyamuk menjengkelkan. Ketiga sifat ini merupakan alasan yang kuat untuk membuat Anda menanam geranium di taman.
5. Lemon balm
Untuk memanfaatkan sifat penolak nyamuk dari lemon balm, cukup pilih beberapa daun segar, hancurkan mereka dengan telapak tangan Anda, kemudian gosok pada kulit Anda.

6. Pennyroyal
Bunga ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengusir nyamuk, tetapi juga untuk membersihkan kebun dari kutu dan serangga lainnya. Anda juga dapat menambahkannya ke air panas untuk membuat teh yang mampu meredam kram akibat menstruasi!
7. Citronela
Setelah dihancurkan menggunakan pisau, Anda bisa menerapkan citronela langsung pada kulit.

8. Lavender
Minyak lavender terbukti dapat mengusir nyamuk. Tambahannya, taman Anda akan selalu harum ketika bunganya mekar!
9. Lemon thyme
Aroma sitrus dari tanaman ini mampu mengusir serangga yang mengganggu, misalnya nyamuk. Sebaliknya, aroma tersebut menarik serangga yang bermanfaat, yaitu lebah.

10. Marigold
Marigold memiliki aroma yang dibenci serangga. Selain itu, tanaman ini mudah tumbuh dan indah untuk dilihat. Tanaman Marigold mengandung pyrethrum, yaitu cairan kimia yang biasa digunakan untuk penolak serangga.

11. Peppermint
Aroma mint ampuh mengusir nyamuk yang berdengung di sekitar rumah. Di sisi lain, tanaman ini juga menawarkan tambahan bumbu di dapur.

12. Rosemary
Rosemary alami menjauhkan nyamuk dari taman Anda. Tanaman ini dapat dikombinasikan herbal lain untuk membuat salep obat penyakit kulit. (Arimbi Ramadhiani; Hilda B Alexander ; popsugar.com ;http://properti.kompas.com/read/2015/07/22/160000221/Usir.Nyamuk.dengan.12.Jenis.Tanaman.Ini)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close