TELKOMGrup dan SEKAR

Telkomsel membahas tarif Internet

Jakarta, CNN Indonesia — Direksi Telkomsel menemui Menkominfo Rudiantara di kantor menteri, Selasa (28/7) pagi. Diduga, salah satu agenda yang menjadi pembahasan adalah soal petisi online yang memprotes tarif Internet per zona yang diterapkan Telkomsel.

“Mungkin kira2 kaitannya dengan itu,” tutur Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo Ismail Chawidu, kepada CNN Indonesia, 28/7. Menkominfo Rudiantara bertemu Dirut Telkomsel pukul 8, kemudian dilanjutkan dengan pertemuan bersama Direksi Telkomsel, BRTI dan Dirjen PPI.
Menurut Founder IndoTelko Forum Doni Ismanto Darwin, pemerintah harus secepatnya menentukan regulasi pentarifan dan kualitas layanan untuk tarif data. Selama ini operator menerapkan berdasarkan kuota. Pelanggan tak pernah tahu berapa kuota yang terpakai atau apakah sudah mencapai Fair Usage Policy.

“Solusi terbaik, membuat ceilling price atau tarif batas atas karena operator merasa tarif kemurahan di data dan rebalancing,”. Doni menambahkan, “Masalahnya rebalancing kalau tidak dikawal akan muncul yang seperti kasus Telkomsel. Harus ada acuan jelas batas atas maksimal berapa.”

Pengamat telekomunikasi ini memberikan pandangan, logika belanja bandwith itu turun bila membeli dalam bulk order dan banyak. “Indonesia kan penggunanya naik terus. Tidak mungkin satu operator membeli untuk per wilayah.”

Soal kondisi geografis di Indonesia Timur yang belum merata dibandingkan daerah lainnya, Doni berpendapat berbeda. Dia membandingkan tarif di Sumatera dan di Pulau Jawa yang berbeda.

“Alasan operasional bisa dipertanyakan jika mengambil sampel di satu ibukota provinsi di mana semua operator seluler dan tarif siapa yang mahal. Apa operator lain tak pakai transport juga untuk membangun?” dia bertanya.

Doni pun tak sependapat bila dana USO nantinya akan digunakan untuk mensubsisi. “Jangan dicampuradukkan dengan area USO. Itu disubsidi pemerintah dan Telkomsel pemenang USO.”
(Tyo / Ded; http://m.cnnindonesia.com/teknologi/20150728093322-185-68515/direksi-telkomsel-temui-menkominfo-bahas-tarif-internet/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close