Islam

Tujuh masjid unik di Rusia(4/4)

(Serial)-6. Masjid Lala Tulip, Ufa
Masjid Agung Madrasah Lala Tulip adalah pusat kegiatan muslim di kota Ufa, Republik Bashkortostan, Rusia. Pembangunan masjid ini dimungkinkan berkat sumbangan dari pemerintah dan umat Islam.
Bisa ditebak bahwa masjid ini menarik karena arsitekturnya.

Bentuk dan warna bangunan utamanya mirip bunga tulip yang sedang mekar. Puncak kedua menaranya juga terlihat menyerupai tunas bunga tulip. Kemiripan ini disengaja. Bunga tulip adalah simbol bangsa Turk dari zaman kuno.

Menurut kisah legenda Bashkir, kebahagiaan terletak di dalam tulip kuncup yang belum mekar.
Lala-Tulip bisa menampung hingga 1.000 jemaah dan menaranya yang setinggi 53 meter menjadikannya menara masjid tertinggi ketiga di Rusia, setelah Masjid Heart of Chechnya (63 m) dan Kul Sharif (57 m).

7. Masjid Mukhtarov, Vladivkavkaz

Masjid Sunni atau Masjid Mukhtarov yang bediri di tepi kiri Sungai Terek merupakan salah satu lambang Vladikavkaz, ibu kota Republik Kaukasus Ossetia-Alania Utara. Masjid ini dibangun mulai 1905 dan tuntas tiga tahun kemudian. Murtaza Agha Mukhtarov, jutawan minyak dari Baku, membiayai pembangunannya karena istrinya berasal dari Vladikavkaz.

Masjid ini dibangun dengan gaya Mesir. Ini terlihat dari arsitekturnya menyerupai Universitas Al-Azhar yang terkenal. Masjid ini dibangun dari batu kapur putih yang dibawa dari pinggiran kota Baku.
Ketika kampenye ateis berlangsung, pada 1934, Dewan kota Soviet memutuskan untuk menghancurkan masjid ini.

Sebagai tanggapannya, YI Betkenev, Komandan ke-25 Kompi Tatar, memerintahkan anak buahnya untuk melindungi masjid. Pemerintah akhirnya menyerah dan memberikan status monumen arsitektur kepada masjid yang megah ini.

Tamat ……………. (Ervan Hardoko; Russia beyond the headline; dan
http://internasional.kompas.com/read/2015/08/13/17001971/Inilah.7.Masjid.Paling.Menakjubkan.di.Rusia?utm_source=megapolitan&utm_medium=cpc&utm_campaign=artbox)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close