Islam

Tujuh masjid unik di Rusia(1/4)

(Serial)-MOSKWA, KOMPAS.com — Keberadaan masjid di Rusia lebih dari sekadar ada umat Islam di negara ini. Seperti di negara lain yang mayoritas berpenduduk Muslim, masjid2 di Rusia, selain tempat ibadah, juga jadi tempat tujuan wisata karena sejarah dan unik desainnya. Berikut tujuh masjid paling megah di Rusia.

1. Masjid “Biru”, St Petersburg
Masjid Saint Petersburg ini dibangun pada 1910 untuk menghormati Emir Bukhara dan menandai bergabungnya Asia Tengah dengan Rusia. Penggabungan Asia Tengah itu terjadi pada masa pemerintahan Tsar Alexander III ketika kerajaan sangat menghormati kepentingan komunitas Muslim yang saat itu berjumlah lebih dari 8.000 orang.

Setelah proyek pembangunannya rampung pada 1913, masjid ini adalah tempat ibadah terbesar di Rusia. Masjid “Biru” dapat menampung 5.000 umat Islam. Dua menaranya menjulang 49 meter dan tinggi kubahnya 39 meter.

Kubah Masjid St Petersburg berbentuk hampir sama dengan kubah Mausoleum Gur Emir di Samarkand yang dibangun pada abad ke-15. Di tempat itulah, abu jasad Timurleng, “Sang Penakluk Asia Tengah”, disimpan.

Bersambung ……………. (Ervan Hardoko; Russia beyond the headline; dan
http://internasional.kompas.com/read/2015/08/13/17001971/Inilah.7.Masjid.Paling.Menakjubkan.di.Rusia?utm_source=megapolitan&utm_medium=cpc&utm_campaign=artbox)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close