Wisata dan Kuliner

Festival Mahakam digelar Nopember 2015

SAMARINDA, KOMPAS.com Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda, Kaltim, kembali menggelar agenda tahunan Festival Mahakam 2015 pada 6-8/11/2015.

“Festival Mahakam merupakan agenda tahunan, mengenalkan pariwisata dan budaya Kota Samarinda dan Kaltim, sekaligus upaya menarik kunjungan wisatawan,” Kata Kepala Disparekominfo Kota Samarinda HM Faisyal ketika dihubungi di Samarinda, Kamis (8/10/2015).

 

Ia menjelaskan berbagai agenda kegiatan seni, budaya, lomba, dan pameran sudah disiapkan untuk meramaikan ajang pesta rakyat yang dipusatkan di perairan dan sepanjang tepian Sungai Mahakam itu.

 

Seperti penyelenggaraan tahun sebelumnya, Festival Mahakam tahun ini juga menyuguhkan sesuatu yang istimewa, yakni “Mahakam Sampe Music Festival”, berupa penampilan grup musik dari berbagai aliran yang menonjolkan permainan alat musik tradisional Suku Dayak bernama “sampe” atau “sape”.

 

“Kami mengundang beberapa musisi dari wilayah Kalimantan, salah satunya YK Band asal Kota Samarinda dengan aliran musik jazz, selain juga beberapa seniman dari Desa Budaya Pampang dan musisi dari kota lain,” ujarnya.

 

“Selain itu, juga ada parade seribu penari Hudoq (salah satu tarian tradisional Suku Dayak), Mahakam Sunset Gowes, Jazz Fiesta, dan kegiatan seminar seni budaya Tajong Samarinda,” tambah Faisal.

 

Menurut Faisal, setiap pelaksanaan Festival Mahakam selalu disuguhkan penampilan yang unik dan baru, termasuk juga penambahan agenda yang kali ini ada 28 kegiatan, lebih banyak dari festival 2014 yang sebanyak 21 jenis kegiatan.

 

Beberapa kegiatan yang digelar di perairan Sungai Mahakam, antara lain lomba menyeberangi sungai, balap tambangan (perahu klotok), balap power boating, perahu ces, jetski, dan flaying board.

 

Di sepanjang tepian Sungai Mahakam Jalan Gajah Mada Kota Samarinda sudah disiapkan beberapa acara, seperti festival band indie, parade band pub, lomba kirab drumband, pentas dangdut, pawai budaya, lomba kuliner tradisional, hingga pameran UKM dan batu mulia.

 

“Panitia membuka kesempatan kepada warga Samarinda dan daerah sekitar untuk berpartisipasi memeriahkan Festival Mahakam tahun ini,” kata Faisal. (Didik Kusbiantoro; Ni Luh Made Pertiwi F; http://travel.kompas.com/read/2015/10/09/180700027/November.Festival.Mahakam.di.Samarinda.Digelar)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close