TELKOMGrup dan SEKAR

Manado jadi pintu gerbang Internet Internasional

Manado – Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah menyatakan Kota Manado Provinsi Sulut akan menjadi salah satu pintu gerbang internet langsung secara internasional.

 

“Manado memiliki keistimewaan tersendiri sehingga layanan 4G dijadikan prioritas di daerah tersebut karena ke depan akan dijadikan salah satu pintu gerbang internet yang terhubung langsung dengan Amerika,” katanya di Manado, Minggu (11/10).

 

Ririk mengatakan pihaknya berkeinginan untuk bisa menjadikan Kota Manado ini sebagai pintu internet kedua setelah Batam. Nantinya, bila terealisasi, akses internetnya akan semakin cepat dan tidak ada hambatan.

 

“Di Manado ini kami akan bangun jaringan fiber optic menuju Guam dan Amerika Serikat, namanya South East Asia – United States (SEA-US),” jelasnya.

 

Jaringan ini, jika terhubung, menjadikan Kota Manado pintu gerbang kedua setelah Batam, dan ini akan memengaruhi semua masyarakat. “SEA-US ini konsorsium kontrak kerja sama pembangunan sistem kabel laut internasional yang menghubungkan Indonesia ke belahan Timur hingga Amerika,” katanya.

 

Ririek menjelaskan dengan jalur koneksi internet kabel laut lewat Manado maka kecepatan internet akan semakin cepat. Hal ini karena latensinya akan semakin berkurang, mengingat traffic tidak melalui Batam, tetapi bisa langsung lewat Manado.

 

Untuk merealisasikannya, Telkom akan bekerja sama dengan anak usahanya PT Telekomunikasi Internasional (Telin). Sementara, Telkomsel akan menopangnya dengan memaksimalkan layanan 4G Long Term Evolution. “Diharapkan selesai pada pertengahan tahun 2017. Soal investasinya, itu semua ada di Telkom, kita hanya membantu soal layanan 4G,” ucap dia.

 

Branch Manager Telkomsel Manado Royke Sumual mengatakan dengan terhubungnya layanan internet secara internasional dari Manado, maka akan mampu memberikan dampak yang cukup besar ke daerah.
“Koneksi jaringan internet akan semakin lancar, dan kebutuhan akan layanan telekomunikasi yang lancar akan terlayani dengan baik,” jelas Royke. (/HS; Antara dan http://m.beritasatu.com/ekonomi/313668-telkom-manado-jadi-pintu-gerbang-internet-internasional.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close