Islam

Pahala Bagi Yang Berbuat Kebaikan

Berbuat kebaikan bagi sesama jadi dambaan tiap orang, karena  dapat  dilakukan siapa saja, kapan saja dan dimana saja, utamanya bagi ummat Islam,  dengan  cara memberi Infaq, Shodaqoh, Zakat, Wakaf dan Hibah, baik dalam bentuk aset, uang, dan bahkan hanya sekedar dalam bentuk buah pikiran yang dapat memberi manfaat bagi sesama.

 

Dalam kontek ini Kita tinggal pilih yang kita inginkan dan apa kemampuan kita dalam berbuat kebaikan , yang penting bukan besaran perbuatannya tapi niat dan keikhlasan kita dalam melakukannya. Hadits yang meriwayatkan hanya gara-2,  memberi minuman kepada seekor hewan yang kehausan, dapat menyebabkan  seorang wanita pelacur bisa bisa masuk Syurga.

Banyak kisah  tentang ”Pahala  Berbuat Kebaikan”, tersirat dalam Al-Quran,   yang dapat di baca, di kaji, di renungkan dan diamalkan, diantaranya adalah kisah tentang 3 Orang pemuda Sholeh yang terjebak dalam sebuah Gua, yg diabadikan dalam Al-Quran.

 

Firman Allah SWT, dalam Q S. Al –Kahfi ( 18 :  9 – 26 ) , yang maknanya hanya dengan me-ngingat-2 kebaikan yang pernah dilakukan , dan dengan idzin  Allah SWT, semata, gua yang semula tertutup rapat, per-lahan-2  dapat  terbuka.  Kun Fayakun, Jadilah, maka jadilah ia.    Tidak ada kata yang terlambat, untuk berbuat kebaikan.

 

Marilah kita ber-lomba-2, berinvestasi dalam ”Berbuat Kebaikan”, , apakah dengan kemampuan financial yang kita miliki ataukah   berbuat kebaikan hanya dengan sekedar menyumbanghkan  tenaga dan buah fikiran yg bermanfaat bagi sesama.

 

Demikian Juga  Firman Allah,SWT, dalam  QS. Al- Ahzab ( 33 : 29  ), yang artinya :  ”Dan jika kamu menghendaki ( keridaan ) Allah dan Rasul-Nya dan ( kesenangan ) di kampung akhirat, maka sesungguhnya Allah telah menyediakan bagi orang-2 yang berbuat baik diantara kamu pahala besar”. .

 

Dalam QS.  Fatir ( 35 : 29 ) : “Orang-2 yang ( selalu ) membaca kitab Allah dan mendirikan sholat dan menafkahkan sebagian rezki yang telah Kami berikan kepada mereka secara sembunyi-2 dan terang-2 an, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan  merugi”.

 

Dalam QS. Fatir (35:32) : ”Kitab itu Kami wariskan kepada  mereka ada (pula) yang lebih dahulu dengan berbuat kebaikan dengan izin Allah, itu karunia besar. Dalam QS. Al Ahqaaf (46:16) : ”Mereka  itu orang2 yg Kami terima dari amal mereka yg baik yg dikerjakan, dan Kami menghapus kesalahan-2 mereka, mereka termasuk ) dlm penghuni sorga, sebagai janji yg benar yg telah dijanjikan kpd mereka”.

 

Juga dalam  QS. Al Ahzab ( 33:29), yg artinya  ”Jika kamu menghendaki (keridaan) Allah dan Rasul-Nya dan (kesenangan) di kampung akhirat, maka sesungguhnya Allah telah menyediakan bagi orang-2 yg berbuat baik diantara kamu pahala yg besar dan juga .

 

Dalam  QS. Al Mu’min (40 : 40) : ”Siapa yg berbuat kejahatan, maka ia tidak diberi balasan kecuali sebanding dengannya. Siapa yg berbuat kebajikan, dan ia dlm keadaan beriman , maka akan masuk surga, mereka diberi rezki di dalamnya tanpa perhitungan. Semoga kita dari waktu ke waktu selalu berusaha meningkatkan diri untuk  berbuat kebaikan bagi sesama.  Amien YRA. (Salam – Moeljadi)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close