Iptek dan Lingk. Hidup

Penyebab tabung knalpot rusak

Jakarta, Otomania Sistem pembuangan hasil pembakaran pada kendaraan (knalpot), terdiri dari komponen2 penting, seperti header (exhaust manifold), pipa, resonator, catalytic converter, dan tabung knalpot. Jika satu komponennya rusak, maka pembuangan tidak sempurna, dan beragam pengaruhnya.

 

Salah satu bagian yang cukup penting dalam sistem ini yaitu tabung knalpot. Penyakit yang sering kali terjadi untuk komponen ini adalah keropos (karena karat) di bagian dalam. Sehingga udara yang menjadi tidak teratur dan menyebabkan bunyi yang kurang enak.

 

“Pada bagian dalam tabung ini terdapat sekat2 dan pipa, mengalirkan udara keluar, didesain teratur. Ketika bagian dalam ini keropos, maka pengeluaran menjadi tidak teratur sehingga menimbulkan bunyi yang tidak enak, bahkan tenaga akan hilang. Memang hal ini biasanya terjadi karena usia pakai yang sudah lama,”  ujar Supri pemilik bengkel dan produsen knalpot AG Motor, Selasa (13/10/2015).

 

Kemudian, lanjut Supri, kerusakan lain yang kerap terjadi pada koponen ini yaitu kebocoran. Penyebabnya yaitu benturan yang sering dialami oleh tabung. Jika sudah begini, maka tidak ada alasan untuk membiarkannnya, karena wajib untuk diganti.

 

“Faktor lain yang menyebabkan  tabung knalpot rusak, selain keropos karena korosi di bagian dalam, yaitu benturan-benturan yang mengakibatkan kebocoran. Benturan bisa karena polisi tidur atau batu-batu yang terpental ke tubuh tabung. Maka dari itu, perlu diperiksa sesekali bagian ini agar bisa tahu jika terjadi kerusakan,” ujar Supri. (http://www.otomania.com/read/2015/10/14/081928630/Hati-hari.Ini.Penyebab.Tabung.Knalpot.Rusak)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close