Kesehatan

Khasiat Kolang kaling

Manfaat dan khasiat buah kolang kaling-Buah ini disebut buah atap, yang jadi satu cemilan populer di masyarakat Indonesia dengan bentuknya yang lonjong, kenyal serta berwarna putih, membuat tampilan buah ini sangat menarik ditambah lagi dengan kandungan airnya yang banyak.

Buah Kolang kaling ini mudah ditemui di pasar tradisional, banyak yang menjual. Masa Ramadhan atau bulan puasa jumlahnya dapat lebih banyak. Banyak pedagang di pasardan di rumah berlomba menjual, karena bulan puasa salah satu menu berbuka yang populer adalah buah kolang kaling ini.

Kolang-kaling yaitu buah dari pohon aren (Arena Pinnata). Buah kolang-kaling ini berkadar air tinggi, u hingga 93%. Selain airnya, biji kolang-kaling mengandungan protein 0,69 gram, kandungan karbohidrat 4 gram. Buah Kolang-kaling kaya kandungan potassium, besi, kalsium, vit-A, vit-B, vit-C dan gelatin.
Bentuk dan tekstur kolang kaling ini unik, dan cocok sebagai pelengkap es buah. Selain rasa yang lezat dan bentuk yang menarik, juga mengandung gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Di dalamnya terkandung mineral seperti protasium, iron, kalsium, dimana itu semua memiliki manfaat yang dapat memperlancar proses metabolisme serta membuat tubuh menjadi sangat segar.

Walau seperti kita ketahui buah kolang kaling ini populer dengan dijadikan campuran es buah atau cendol, buah yang semakin ramai ketika hadir bulan puasa ini memiliki berbagai manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh, berikut di bawah ini penjelasannya.

 

1. Untuk memperkuat tulang

Orang2 rajin mengkonsumsi susu karena memiliki kandungan kalsium tinggi, sehingga susu sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh, terutama anak2 dalam masa pertumbuhan. Tapi susu berrisiko kalori yang tinggi, sehingga bila dikonsumsi berlebihan tidak baik karena membuat tubuh kegemukan.

Pada kolang kaling, setiap 100 gram mengandung 91 mg kalsium, susu sapi murni pada setiap 100 gram susu sapi murni mengandung 125 mg kalsium. Sehingga dengan begitu mengkonsumsi buah kolang kaling ini juga bisa dijadikan alternatif yang baik sebagai sumber kalsium selain dari susu.

 

2. Sebagai makanan diet

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahlinya, bahwa pada 100 gram buah kolang-kaling ini mengandung hingga 0,69 gram protein, karbohidrat sebanyak 4,0 gram, kadar abu sebesar 1 gram, dan serat kasar sebesar 0,95 gram. Adapun untuk kadar air pada buah kolang-kaling ini sangat tinggi yaitu hingga 94% yang dengan kadar air tinggi tersebut membuat buah kolang-kaling menjadi sangat segar di tubuh ketika Kamu konsumsi.

Kemudian pada kolang kaling juga terkandung gelatin yang memiliki efek bagi yang mengkonsumsinya akan timbul rasa kenyang, sehingga apabila memang Kamu dalam keadaan nafsu makan yang berlebihan, maka jangan khawatir karena buah kolang-kaling ini akan membuat hilang pada nafsu makan yang berlebihan itu.

 

3. Sebagai obat radang sendi.

Kolang-kaling mengandung zat galaktomanan yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan atau minimalnya dapat meredakan penyakit pada radang sendi. Jika Kamu dalam proses pengobatan, maka Kamu dapat memakan buah kolang-kaling ini sebanyak 100 gram atau lebih sedikitnya pada setiap hanya. Untuk mengkonsumsi buah kolang-kaling ini dalam keadaan yang demikian maka disarankan untuk dikonsumsi dengan direbus tanpa memakai segala macam perwarna dan gula.

 

4. Buah Kolang kaling kaya serat

Buah kolang kaling mengandung air dan serat banyak. Serat ini sebuah zat yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan kita, dengannya kita dapat terhindari dari namanya susah buang air besar, sembelit dan bahkan diare sekalipun.

 

Dengan mengkonsumsi 5 sampai 10 butir kolang kaling pada setiap harinya, itu sangat berkhasiat untuk memperlancar pencernaan Kamu, selain itu kolang kaling juga populer dan sangat baik untuk menjalankan program diet yang sehat.

 

5. Buah kolang kaling berkhasiat untuk memperkuat tulang

Buah kolang kaling ini memiliki manfaat dan khasiat untuk memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Dimana didalamnya terdapat kandungan kalsium 91 miligram kalsium untuk tiap 100 gram kolang-kaling, dimana ini sangat bermanfaat  dalam memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh, dan Kamu dapat menjadikannya buah kolang kaling ini sebagai alternatif pengganti susu.

 

6. Kaya kalsium

Buah kolang kaling yang kaya akan kalsium sangat baik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tentunya seperti terjadinya masalah kesehatan tulang, gigi dan persendian tubuh yang tidak dapat berfungsi seperti sedia kala.

 

Buah kolang kaling ini dapat dijadikan sebagai konsumsi sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium, utamanya untuk sebagian orang yang alergi pada susu sapi. Dengan mengkonsumsi 100-200 gram kolang kaling dalam sehari, yang tentunya tanpa pemanis buatan ataupun pewarna maka bermanfaat untuk mencegah dan mengobati masalah pada radang persendian.

 

7. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat kasar yang terkandung pada buah kolang-kaling hingga 39%, dimana ini berkhasiat agar dapat melancarkan pencernaan tubuh, kandungan serat disertai karbohidrat yang cukup tinggi membuat kolang kaling bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, selain juga dapat melancarkan pencernaan, dimana Kamu akan dapat lebih mudah dan teratur dalam pembuangan air besar, serta khasiat buah kolang kaling ini juga baik untuk menghindari terjadinya obesitas atau kegemukan pada tubuh.

 

8.  Sebagai Obat gatal-gatal.

Buah Kolang kaling tidak diragukan lagi sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, akan tetapi getah pada kolang kaling juga katanya memiliki manfaat untuk dijadikan obat gatal pada tubuh. Akan tetapi untuk menerapkan ini dibutuhkan tutorial dari orang yang sudah dan pengalaman dalam mengobati gatal dengan buah kolang kaling.

 

Pengolahan buah kolang-kaling

Untuk pemilihan bahan, maka utamakan pilih buah aren yang setengah masak, dimana ciri-cirinya adalah warna kulit yang terlihat masih hijau segar. Buah aren tersebut dilepas satu per satu dari untaiannya, kemudian dimasukan ke dalam wadah.

Untuk bagian pembakaran ataupun perebusan buah Aren, maka terdapat dua buah cara tersebut dalam mengolah kolang-kaling, dengan membakar atau merebusnya maka ini bertujuan untuk menghilangkan lendir buah, yang dimana lendir buah tersebut bisa menyebabkan gatal pada kulit. Untuk pelepasan kulit biji aren, maka pada kulit biji yang berwarna kuning dilepas dengan memakai pisau, biji yang sudah terlepas tersebut kemudian dicuci dengan air bersih.

Untuk perendaman biji aren, dapat menyiapkan baskom, isi dengan air kapur, setelah itu rendam biji aren yang bersih ke dalam air kapur dengan waktu selama 2-3 hari. Tujuan dari melakukan hal ini adalah agar semua kotoran terdapat pada biji buah aren akan diendapkan, sehingga terlepas dari buah. (http://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/2014/11/8-manfaat-dan-khasiat-buah-kolang-kaling.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close