Kesehatan

Memilih pasta gigi

Jakarta, Saat Anda berada di swalayan, mau beli pasta gigi, mungkin Anda berdiri lama untuk memilih. Kini ada banyak pasta gigi yang dijual di pasaran. Ada yang mengklaim bisa memutihkan gigi, melindungi gigi lebih lama, hingga mencegah bau mulut.

Prof Dr Melanie S Djamil, drg, MBiomed menuturkan semua pasta gigi yang kini dijual memiliki kelebihan masing2. Jika beredar di pasaran, biasanya memiliki izin, artinya aman digunakan. Namun ada baiknya orang-orang yang punya masalah dengan giginya, berkonsultasi lebih dulu ke dokter sebelum memilih pasta gigi.

 

“Yang utama kita harus konsultasi ke dokter gigi misalnya gigi sensitif karena ada pasta gigi yang bahan kimianya bikin gigi makin terkikis. Tapi kalau selama ini fine-fine aja pake pasta gigi apapun, nggak masalah,” tutur Prof Melanie dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis (25/11/2015).

Terkait rasa pada pasta gigi, misalnya mint, menurut Prof Melanie itu hanya untuk memberi efek menyegarkan. Namun lagi-lagi balik kepada konsumen, apakah suka dengan rasa mint atau tidak. Selebihnya, tidak ada khasiat utama untuk kesehatan rongga mulut.

“Jadi ini hanya untuk kenyamanan semata. Nggak ada efek terhadap kesehatan gigi,” imbuh Prof Melanie yang juga Guru Besar Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti.

Hal senada disampaikan drg Irayani Queency Putri dari Hendra Hidayat Dental Clinic (HHDC). drg Ira menyebut pada dasarnya semua pasta gigi sama. Namun kesehatan gigi dan mulut tergantung dari bagaimana cara menyikat gigi. “Tapi mungkin yang perlu diperhatikan dihindari membeli pasta gigi yang mengandung detergen,” saran drg Ira.

Rasa pasta gigi tidak mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Sebab penyumbang perawatan gigi adalah kandungan dalam pasta gigi. “Lebih bagus pasta giginya yang mengandung fluoride,” ucap drg Ira. Fluoride, bahan terpenting dalam pasta gigi yang berperan mencegah gigi berlubang dan kerusakan gigi. Fluoride melindungi gigi dari asam yang dilepaskan dari mulut ketika Anda makan.

Bahan itu membuat enamel gigi makin kuat sehingga memperkecil kerusakan enamel akibat asam. Berbagai penelitian menunjukkan pasta gigi berfluoride membantu meningkatkan konsentrasi fluoride pada gigi. (vit/; Nurvita Indarini, Sharon Natalia, Jeems Suryadi; http://health.detik.com/read/2015/11/25/160607/3080411/775/pilih-pilih-pasta-gigi-begini-saran-dokter-gigi)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close