Kesehatan

8 Hal Yang Membuat Ingin Konsumsi Air Terus Menerus

(merdeka.com)-Saat udara panas-kering, kita bakal haus terus-menerus. Haus ini bisa berujung banyak minum. Walau kekurangan minum bisa jadi tanda masalah kesehatan, namun terlalu banyak minum juga bisa menimbulkan kesulitan. Setidaknya bakal buang air kecil terus dan aktivitas terganggu.

Rasa haus terus-menerus bisa dipicu berbagai kondisi. Terutama berkaitan dengan yang baru dialami atau makanan yang baru dikonsumsi. Tindakan minum air terus bisa disebabkan makanan terlalu banyak garam serta kondisi kesehatan. Dilansir dari Reader Digest, berikut penyebab kita minum air secara terus.

1-Mengonsumsi terlalu banyak garam

Konsumsi makanan asin bisa membuat kerap merasa haus. Garam bisa menarik air keluar dari sel dan memaksa tubuh menyimpan garam sebanyak mungkin sehingga bisa jadi tidak kencing sebanyak biasanya. Sel yang kekurangan air ini mengirim pesan ke otak untuk air sehingga jadi merasa sangat haus. Untuk mengatasinya, perhatikan kadar garam pada makananmu.

2-Baru ber OR pada pagi hari

“Kita   butuh minum lebih banyak di siang hari ketika kita banyak berkeringat,” terang Peter Mayock, MD dari Erie Family Health Center di Chicago. Ketika ber-OR, kita bakal kehilangan cairan melalui keringat, dan jika menggantinya dengan cepat, kita bakal haus. Oleh karena itu, konsumsi lebih banyak air usai ber-OR.

3-Terlalu lama berjemur

Berada di luar ruangan dan terpapar matahari siang hari jadi penyebab rasa haus. Pada suhu luar ruangan yang panas, beraktivitas di siang hari bisa membuat merasa lebih haus terutama jika kurang minum.

4-Diabetees

“ketika dehidrasi, tubuh bakal berusaha menjaga cairan,” jelas Dr. Mayock. “Saat diabetes, gula bakal meluap dan memaksa lebih sering buang air,” sambungnya. Sebagian pasiennya menunjukkan tiga gejala yaitu rasa haus berlebihan, buang air sering, dan pandangan memburam. Tiga hal itu secara bersamaan, bisa jadi Anda mengalami diabetes.

5-Bibir kering

Sejumlah kondisi kesehatan langka bisa menyebabkan bibir kering. Ketika kelenjar liur di mulut tidak memproduksi cukup air liur, kita mungkin butuh mengonsumsi lebih banyak air. Jika sering mengalami masalah ini, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

6-Anemia

Tubuh tergantung pada sel darah sehat untuk membawa darah melewati tubuh. Anemia dalam kondisi ringan tidak bakal menyebabkan rasa haus berlebihan, namun ketika makin parah, maka kita mungkin merasa haus, pusing, dan berkeringat.

7-Obat yang dikonsumsi

“Ada sejumlah pengobatan yang memengaruhi mulut dan bisa membuat bibir jadi kering,” terang Dr. Mayock. Contoh, antihistamin, antidepresan, dan obat dieuretik untuk tekanan darah bisa membuat mulut jadi kering.

8-Tidak memperhatikan jumlah minuman

“Penyebab utama dari rasa haus bukan hanya konsumsi cukup air”. Sebagai aturan yang tepat, Mayock menyarankan konsumsi segelas air dengan makanan dan dua di antara makan. Untuk memastikan minum dalam jumlah tepat, beri pengingat di ponsel atau minum setiap jam-jam tertentu

 (RWP; Rizky Wahyu Permana; Bahan dari  : https://www.merdeka.com/sehat/8-hal-yang-bisa-membuatmu-ingin-mengonsumsi-air-secara-terus-menerus.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close