Kesehatan

Mencegah Penuaan Otak

Otak yang menjadi tua sudah pasti akan mempengaruhi kinerjanya sehinga bisa membuat anda menjadi mudah pikun lihat saja orang orang tua biasanya pikun kan ini terjadi karena otak menjadi tua. Bagi  yang masih muda dan jarang mengaktifkan otak untuk berfikir, hal ini bisa membuat otak mengalami penuaan dini. akibatnya pasti mengganggu kinerja otak. Berikut ini cara mencegah penuaan otak :

1. Permainan yang mengasah otak
Permainan klasik seperti catur, scrabble, atau teka teki silang dapat melatih neuron otak dan menjaga otak tetap tajam.

2. Berpetualang
Dengan berpetualang ke lingkungan yang baru dan asing akan memberikan tantangan pada otak daripada hanya menghabiskan waktu libur dengan tidur dan bermalas-malasan.

3. Penuhi nutrisi yang dibutuhkan otak
Nutrisi tertentu dalam makanan diketahui dapat memperbaiki sel-sel otak dan melawan peradangan yang dikaitkan dengan peningkatan risiko Alzheimer. Tambahkan makanan yang baik dalam otak dalam menu makanan Anda sehari-hari, seperti minyak ikan, telur, gandum utuh dan sayur-sayuran.

4. Melakukan hal-hal yang menantang
Sesekali Anda dapat melatih otak dengan melakukan olahraga atau aktivitas yang menantang seperti bermain trampolin, bersepeda mengelilingi bukit, panjat tebing dan kegiatan menantang lainnya yang Anda sukai.

5. Jangan menyerah terhadap usia
Tidak peduli berapapun usia Anda, otak harus tetap dijaga ketajamannya agar tidak cepat pikun. Ketajaman otak tidak hanya dapat ditingkatkan secara fisik, tetapi dapat juga dirangsang dan dipelihara secara mental. (Sutiran)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close