Kesehatan

Pengidap diabetes gestational

Jakarta Diabetes gestational merupakan diabetes bagi ibu hamil dan akan menghilang setelah ibu melahirkan. Meski begitu, satu per tiga dari ibu yang pernah mengidap diabetes gestational ini dapat terkena DM tipe 2 di kemudian hari.

 

“Perlu diperhatikan dalam jangka 5 tahun kalau di follow up, 30% bisa jadi diabetes tipe 2,” ujar Kepala Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, dr. Em Yunir, SpPD-KEMD, di acara Sun Life Asia Health Index 2015 di Jakarta. Karena itu, disarankan saat ibu hamil pengidap diabetes gestational setelah melahirkan untuk melakukan check up kembali.

 

“Selain melakukan check up, lakukan hal2 sederhana dan murah untuk mencegah diabetes,” ujar dr. Em. Ia menyarankan agar ibu setelah melahirkan mengusahakan agar berat badannya kembali normal, atur pola makan dan memperbanyak berolahraga.

 

“Dalam hasil penelitian disebutkan aktivitas fisik dan mengatur pola makan bisa mengurangi risiko diabetes hingga 40 persen,” tutup dr. Em. (Carla Isati Octama/FER; BeritaSatu.com; http://www.beritasatu.com/kesehatan/321716-30-pengidap-diabetes-gestational-bisa-terkena-diabetes-tipe-2.html)-FatchurR

 

Catatan :

Bagi ibu2 P2Tel yang pernah diabetes gestational dan boeat semua, cegahlah secara dini, dengan menurunkan kegemukan, dan hidup dengan “Paradigma sehat” yang terus disebar luaskan khususnya oleh Yakes Telkom. Gak ada ernaknya kok mengobati penyakit, walau gratis tis. (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close