TELKOMGrup dan SEKAR

Telkomsel berkolaborasi dalam project Loon

Jakarta-Jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun terus meningkat, namun mayoritas penduduk Indonesia belum memiliki akses internet. Kini, perbandingan jumlah penduduk Indonesia yang bisa mengakses internet = 1 : 3.

 

Untuk menjawab tantangan itu, tiga operator seluler di Indonesia yaitu Indosat, Telkomsel, dan XL Axiata telah menyepakati memulai pengujian Project Loon, yaitu membuat internet bertenaga balon di Indonesia 2016. Pelaksanaan pengujian ini adalah langkah penting membawa seluruh Indonesia online.

 

Mike Cassidy, VP Project Loon menjelaskan, Balon Loon berfungsi sebagai menara telepon seluler terbang, mengangkasa dengan angin stratosferik di ketinggian 2x dari pesawat komersial atau 20 km di atas bumi. Masing2 balon ini memancarkan koneksi Internet turun ke permukaan. Bila salah satu balon ini keluar jalur, yang baru akan menggantikannya.

 

“Project Loon dapat membantu perusahaan telekomunikasi melebarkan jaringannya, jauh tinggi di angkasa, dengan mengatasi tantangan dalam hal penyebaran peralatan dalam menyediakan konektivitas ke penjuru paling ujung sekalipun ke seluruh Nusantara,” tulis Mike Cassidy dalam keterangan resminya, Kamis (29/10).

 

Beberapa tahun ke depan, diharapkan Project Loon bermitra dengan penyedia lokal untuk membangun koneksi Internet berkecepatan tinggi berbasis LTE, agar dapat menghubungkan lebih dari 100 juta penduduk yang belum terhubungi. (Herman/MUT;

http://m.beritasatu.com/digital-life/318158-indosat-telkomsel-dan-xl-berkolaborasi-dalam-project-loon.html)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close