Opini dan sukses bisnis

Pengusaha muda sukses dengan Kaosnya

Peluang usaha ~ Kesuksesan bisa di raih siapapun, lelaki-perempuan berkesempatan sama meraih keberhasilan. Bukan hanya orangtua yang lebih berpengalaman orang muda juga berkesempatan sukses lebih dini seperti yang terjadi pada rekan kita Ahmad Anggoro (23).

 

Dia pemuda kelahiran Kediri 9/9/1991, mampu meraih sukses lebih cepat di banding kebanyakan orang. Di usia muda, dia mampu jadi pengusaha sukses beromzet ratusan juta rupiah/bulan dari peluang usaha clothing yang telah ia jalani sejak 2010. Berikut kisahnya

 

Dia lulusan SMK swasta, anak sulung dari suami istri tidak kaya, tapi biasa saja membuat pemuda ini nekad merantau ke Jakarta. Dengan modal ijazah SMK dan uang seadanya, ia mencoba peruntungan di Jakarta. Dia kemudian tinggal di kontrakan kecil di Jakarta Timur.

 

Harapan sukses di kota Jakarta tak semudah membalik telapak tangan. Sebelum sukses, ia bekerja sebagai buruh pabrik kayu. 2 Bulan kerja di pabrik itu, kemudian jadi penjaga warnet dengan hasil bulanan Rp. 700.000,- / bulan. Gaji sekecil itu sangat kurang memenuhi kebutuhan hidupnya di Jakarta. Ia berpikir keras, peluang usaha apa yang dapat ia jadikan usaha sampingan agar ia bisa sukses.

 

Satu fakta yang ia sadari dia mampu menggambar. Ia sadar potensi yang di miliki dalam hal grafis atau menggambar. Dari sini timbul ide menjalankan usaha clothing. Setelah survey pasar, Ahmad menyimpulkan usaha clothing (pembuatan pakaian). Ia simpulkan usaha pembuatan pakaian berpotensi besar untuk di jalankan karena banyak peminat terlebih para anak muda yang gemar mengoleksi kaus / pakaian. Dari sini suksesnya bermula.

 

Dengan modal 2 juta yang ia dapatkan dari hasil menabung gaji di warnetnya setahun. Ia terjun ke dunia bisnis bagian clothing. Karena ia tidak berpengalaman di bidang sablon dsb, dia berinisiatif belajar secara otodidak. Dia berhasil memproduksi kaos dengan label sendiri. Ia beli kaos berjumlah besar. Dia buat desain kaosnya lalu cari tukang sablon yang dapat mencetak gambar2 yang ia desain di kaosnya.

 

Kaos hasil kreasinya dipasarkan ke teman2nya via Medsos / selebaran. Dalam menjalankan bisnis ini, ia tak luput dari halangan-rintangan. Tahun 2010, kali pertama menjalankan bisnis kaos, ia rugi besar karena uangnya di curi sahabatnya, terlebih produk yang di hasilkan kurang laku di pasaran lantaran kalah dengan produk yang lebih dulu terkenal.

 

Kegagalan bukan berarti berakhir. Ahmad Anggoro tahu, ia tetap berusaha dan tak kenal menyerah. Berbekal dari pengalaman, ia berinovasi membuat kaos dengan desain lebih modern, simple dan mengikuti trend perkembangan jaman saat ini.

 

Titik terang usaha kelihatan tahun  2011, Produk kaosnya di kenal dan permintaan mulai membanjir. Dengan beragam desain dan tampilan modern, kaosnya laku di pasaran dan menghasilkan untung besar. Dengan biaya pembuatan Rp. 30.000 – Rp. 40.000, ia jual kasonya Rp. 100.000,- Tiap item ia dapat untung Rp. 60 ribu-Rp. 70 ribu / item. Penjualan kaos perbulannya mencapai 60 – 70 item.

 

Seiring kemajuan usahanya, ia coba berinovasi dengan menjual produk selain kaos seperti Tas, Dompet, celana dll. Kini, di usianya yang muda, Ia telah mendapat omzet usaha Rp. 100.000.000,- perbulan.

 

Secara tidak langsung pemuda Kediri ini membuka lapangan kerja 50 pekerja yang bekerja di tempatnya. Kini ia memiliki berbagai hal yang di inginkan pemuda kebanyakan termasuk saya pribadi, mobil, istri, rumah pribadi dan tentunya memberangkatkan orangtuanya untuk melaksanakan ibadah haji.

 

Rahasia bisnis 

Kesuksesan Ahmad Anggoro dapat ia raih setidaknya karena hal2 diantaranya :

  1. Pintar melihat peluang

kemampuan untuk membaca peluang merupakan karakteristik seorang pengusaha. Seorang pengusaha yang sukses pastilah memiliki kemampuan untuk membaca peluang pasar kemudian mencoba untuk memanfaatkan peluang usaha tersebut.

 

  1. Berani

Dengan hanya bermodalkan uang Rp, 2 juta hasil kerja di warnet, Ia berani mencoba menjalankan bisnis dengan resiko ia harus kehilangan uang tabungannya selama setahun.

 

  1. Membaca diri

Anda harus tahu apa potensi anda. Kita tentu memiliki kekurangan, namun di sisi lain kita juga memiliki kelebihan, bakat dan potensi yang dapat kita latih untuk menghasilkan kesuksesan. Sayangnya, banyak sekali pemuda yang tidak mengetahui apa bakat terpendamnya, lebih parah lagi meskipun mereka tahu, mereka tidak mau berusaha untuk memanfaatkan bakar yang ia miliki utuk menghasilkan uang.

 

  1. Pantang menyerah

Meskipun pernah rugi besar karena tidak laku dan pencurian yang di lakukan temannya. Ternyata tidak menyurutkan langkah Ahmad Anggoro, bukannya mundur namun menjadi bahan untuk tafakur. Dari kegagalan pasti ada hikmah yang apa bila kita dapat menyikapinya dengan benar akan menjadi salah satu kekuatan yang besar.  (Rianda Nafisa; http://www.usaharumahan19.com/2014/07/kisah-sukses-pengusaha-muda.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close