Kesehatan

Mengenal penyakit paru2(1)

Macam2 penyakit paru2 adalah salahini tercatat telah menyebabkan banyak sekali kasus kematian di dunia. Sebagai salah satu organ pada sistem pernapasan manusia yang berperan sangat penting dalam kehidupan manusia.

Paru2 sebagai salah satu organ pada sistem respirasi sekaligus berhubungan sistem peredaran darah pada vertebrata ini berfungsi sebagai organ yang mampu menukarkan oksigen dengan karbon dioksida yang terkandung pada darah. Karena paru2 itu organ tubuh yang fungsinya penting, maka saat macam2 penyakit paru2 menyerang, kehidupan orang itu jelas akan sangat terganggu.

Macam-Macam Penyakit Paru-Paru yang Harus Diwaspadai
Jenis penyakit paru2 jelas beragam, dan berbahaya. Seperti dibahas sebelumnya, saat seseorang terkena penyakit ini, akan merugikan kehidupannya. Supaya Anda lebih bisa memahami berbagai macam penyakitini dan juga tahu cara menanganinya, pada artikel kali ini kami akan disajikan info mengenai macam2 penyakit paru paru dan pencegahannya dalam dua seri.

1. Pneumonia
Pneumonia atau penyakit radang paru-paru adalah salah satu jenis gangguan paru2 yang berbahaya. Penyakit ini berupa infeksi yang bisa timbul di berbagai tempat pada permukaan paru-paru. Bahkan pneumonia bisa meluas secara terus-menerus.

2. Legionnaries
Penyakit paru2 selanjutnya legionnaries, suatu penyakit paru yang diakibatkan bakteri legionella pneumophilia. Bentuk infeksi paru-paru legionnaries mirip dengan infeksi pneumonia. Bakterinya dapat berlipat ganda dengan sangat cepat dan diketahui lebih banyak menjangkit kaum laki-laki.

3. Efusi Pleura
Efusi pleura adalah penyakit paru2 akibat adanya cairan berlebih dalam membran berlapis ganda yang ada di sekeliling paru2. Beberapa jenis penyakit seperi infeksi pneumonia, gagal jantung dan juga beberapa jenis kanker bisa menimbulkan penimbunan cairan pada area tersebut. Bahkan jumlah cairannya bisa mencapai tiga liter.

4. Tuberkulosis
Jenis penyakit paru (sering disebut TB) ini penyakit paru yang menyerang jaringan paru-paru. Pada dasarnya semua orang memiliki mikroba TB di dalam tubuhnya, namun tidak semua orang bisa diserang. Penyakit ini hanya akan menyerang siapapun yang sistem imunitasnya sedang menurun.

5. Pneumotoraks
Tidak berbeda dengan macam-macam penyakit paru-paru yang lainnya, pneumotoraks juga menyerang pada bagian selaput paru atau yang juga disebut dengan istilah pleura. Penyakit ini memungkinkan membran pleura tertembus oleh udara yang masuk ke dalam rongga pleura dan mampu membuat paru-paru menjadi mengempis.

6. Asma
Penyakit asma mungkin yang paling sering menjangkit kebanyakan orang. Gejalanya biasanya membuat penderita asma merasakan sesak napas dan mengi berulang kali. Diantara macam-macam penyakit paru-paru, asma merupakan salah satu gangguan paru yang paling banyak variasinya. Menurut penelitian asma bisa menyerang satu dari empat anak di beberapa wilayah.

7. Penyakit Paru-Paru Obstruktif Kronis
Penyakit paru-paru obstruktif kronik merupakan kelainan paru yang terjadi dalam jangka panjang. Penyakit ini mampu menyebabkan kerusakan jaringan paru secara bertahap dan dengan gejala sesak napas yang semakin lama semakin berat. PPOK meliputi bronkitis kronis dan juga emfisema, di mana keduanya biasanya terjadi secara bersamaan.

8. Bronkitis Kronis
Bronkitis Kronis, salah satu penyakit paru2 akibat merokok yang sangat sering terjadi. Namun cukup jarang infeksi paru akut yang sampai menyebaban bronkitis kronis. Pada penyakit ini, saluran udara utama yang menuju paru2 menyempit dan pembengkakakan karena iritasi oleh asap tembakau.

Kemudian saluran udara yang mengalami peradangan tersebut biasanya mengeluarkan dahak yang berlebihan yang biasanya bisa terjadi hingga sepanjang tahun, terutama saat waktu lembab dan dingi

9. Emfisema
Macam-macam penyakit paru-paru selanjutnya juga salah satu jenis PPOK yang menyebabkan rusaknya kantung udara atau alveoli di paru-paru. Akibat kerusakan tersebut adalah tubuh tidak bisa mendapatkan asupan oksigen yang diperlukan dan akan membuat penderita sulit bernapas. Sama seperti bronkitis kronis, emfisema juga salah satu penyakit paru paru akibat merokok.

10. Asbestosis, Silikosis dan Pneumokoniosis
Ketika jenis penyakit paru itu jenis penyakit paru akibat pekerjaan tertentu. Biasanya penyakit ini terjadi karena adanya endapan partikel beracun yang terhirup selama berulang kali dan mengakibatkan peradangan pada jaringan paru-paru. Biasanya penyakit ini terjadi kepada para pekerja tambang.

Silikosis disebabkan oleh inhalasi partikel kristal silika bebas yang menempel pada paru-paru. Silika merupakan sejenis bahan yang biasanya digunakan untuk kegiatan konstruksi. Saat silika masih berupa benda padat, silika tidak berbahaya. Silika akan berbahaya saat sudah berbentuk butiran debu.

Sedangkan asbetosis adalah penyakit paru akibat bekerja yang disebabkan oleh zat asbes yang terhirup dan masuk ke dalam paru-paru. Masalah ini terkadang bisa menyebabkan timbulnya kanker paru-paru.
Dan itu tadi adalah 10 macam-macam penyakit paru-paru yang tentunya sangat mengancam kesehatan siapapun yang tidak menjaga kesehatannya.

Bahkan dari hal-hal yang dianggap sepele seperti merokok ataupun bekerja pun ternyata bisa menimbulkan penyakit paru-paru tertentu tanpa diduga. Oleh karena itu berhati-hatilah dan selalu jaga kesehatan paru-paru Anda dengan berbagai kegiatan positif dan sehat.

Namun demikian, ada juga beberapa langkah atau cara yang ternyata bisa Anda lakukan untuk mencegah atau menghindari berbagai macam penyakit paru tersebut. Dan berikut ini adalah penjelasan mengenai cara sederhana untuk mencegah datangnya penyakit paru. (http://dedaunan.com/macam-macam-penyakit-paru-paru-cara-mencegahnya/)-FatchurR
——

Sajian lainnya : Pijat kelingking

Jari kelingking adalah jari yang paling sedikit digunakan di antara ke-10 jari tangan, tapi Anda mungkin tidak tahu, jari kelingking berhubungan erat dengan jantung, usus kecil, rahim, testis, ginjal, kandung kemih dan organ internal lainnya. Setiap hari gunakan waktu 5-10 menit memijat jari kelingking, dapat mengurangi risiko terjangkit 28 jenis penyakit, efeknya sangat mencengangkan.

28 jenis penyakit seperti:
Cervical spondylosis (sakit pada tulang tengkuk); Periarthritis (kaku pada bahu); Sakit kepala; Insomnia; Herniasi lumbal; Sakit pinggang, anggota tubuh mati rasa; Tumor; Jantung berdebar, tekanan darah tinggi; Disfungsi seksual; Penurunan energi vital; Endometriosis; Fibroid rahim, gangguan menopause;

Sembelit; Depresi; Amnesia; Kegelisahan; Kecemasan; Daya penglihatan menurun; Obesitas; Diabetes; Penyakit ginjal, frekuensi kencing; Retensi urin; Hipertrofi prostat; Hepatitis; Rambut putih dan lainnya. Dengan memijat kelingking secara telaten maka dapat dihindari.

* HIPERTROFI PROSTAT
Orangtua yang menderita pembengkakan prostat, acap kali susah kencing dan bermasalah dengan retensi urin (disaat berhenti kencing tapi masih menetes. Red.); Gunakan tangan kiri memijat sendi kelingking tangan kanan dan sebaliknya, maka akan menyebabkan pengeluaran urin menjadi lancer serta mengurangi volume sisa urin yang menetes.

* Pencegahan MATA; PRESBIOPIA dan KATARAK
Di bagian dasar jari kelingking sebelah luar terdapat titik akupuntur mata presbiopia, setiap hari pagi dan malam pijatlah dengan ibu jari dan jari telunjuk memijat bagian dasar jari kelingking, dapat mencegah mata presbiopia dan katarak.

* PENCEGAHAN KANKER
Semua jenis penyakit kanker berhubungan dengan jantung, itu sebabnya, memijat jari kelingking dapat mengatur ritme jantung, dapat mencegah semua jenis kanker.

* PENCEGAHAN UBAN
Jari kelingking terkait erat dengan ginjal, memijat kelingking dapat menguatkan ginjal, dan menumbuhkan vitalitas rambut, itu berakar pada Qi (dibaca: Ji / energi vital) dari ginjal. Sering2 memijat titik akupuntur ginjal (shen xue / 腎穴) dari sendi pertama dan titik akupuntur Mingmen dari sendi kedua dari kelingking, efektif terhadap pencegahan uban. Sekaligus mencegah dan menyembuhkan pegal pada pinggang dan nyeri kaki.

Jari kelingking kanan berhubungan dengan ginjal dan lubang anus serta lubang urin, jari kelingking kiri berhubungan dengan kandung kemih, juga terkait dengan paru-paru, lambung, ginjal, maka itu meminjat jari kelingking dapat menguatkan ginjal, dalam ilmu memijat telapak tangan, jari kelingking adalah simbol energy intisari.

Jika Anda menemukan jari kelingking berwarna keunguan dan berubah mengeras, ini merupakan sinyal peringatan yang dipancarkan oleh organ dalam, di saat seperti itu, menekan titik akupuntur Shao Chong dan Shao Ze di sebelah bawah kuku jari kelingking, boleh dibilang, selain sederhana juga efektif. Grup WA Viva Nusantara; http://erabaru.net/2016/01/18/pijat-jari-kelingking-untuk-atasi-28-macam-gejala-penyakit/)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close