Kesehatan

Mulut terasa pahit

Suatu hari saya ngobrol dengan sobat (pensiunan). Akhirnya rembugan mengarah pada gejala kesehatan dia, mulutnya berasa pahit. Untuk itu ada baiknya saya kita kenali apa dan bagaimana gejala itu. Mulut yang seringkali terasa pahit biasanya dialami oleh orang yang sedang sakit.

Yang membuat pasien sering tidak mau makan; berimbas pada kurangnya asupan makanan yang berakibat melambatnya proses penyembuhan. Tak sedikit penderita mengalami lidah terasa pahit ini diikuti gejala mual-mual atau muntah2. Lantas apa pemicu timbulnya mulut terasa pahit?.

Proses rasa (kecap pada lidah) melibatkan ribuan neuron sensorik yang dibagian permukaan lidah dan dibagian paling atas dari hidung (sistem penciuman). Neuron ini memberi signal pada otak terhadap rasa yang sedang anda makan atau anda cicip. Mulut yang terasa pahit bisa saja disebabkan karena beberapa kebiasaan dan gaya hidup.

Seperti halnya merokok, konsumsi obat-obatan, penyakit atau kondisi-kondisi yang mampu mengganggu proses rasa. Apabila penyebabnya dapat teratasi maka rasa pahit pada mulut ini bisa dihilangkan. Namun sebelum dapat menghilangkannya, terlebih dahulu harus kita kenali apa saja penyebabnya.

Penyebab Mulut Terasa Pahit
1. Gangguan Asam Lambung
Mulut terasa pahit juga erat kaitannya dengan mual-mual dan muntah-muntah (refluks), kondisi ini terjadi biasanya karena dipicu oleh asam lambung yang naik. Kondisi ini disebut Gastro eshophageal Refluks Disease (GERD). Penyebab utama penyakit refluks asam lambung ini adalah konsumsi makanan berlebih, konsumsi makanan pedas.

Juga konsumsi makanan diwaktu yang tidak tepat serta faktor stress. Selain mulut yang terasa pahit, gejala lain yang mungkin dirasakan dari penykit refluks asam lambung ini berupa perut yang terasa nyeri, dada yang terasa panas, kembung, sering sendawa, bau mulut tidak sedap, sakit tenggorokan serta mual-mual.

2. Penyakit Atau Kondisi Medis
Pasien dengan penyakit tertentu, seperti halnya penyakit kuning (hati atau liver), penyakit diabetes, kanker atau kerusakan pada ginjal, menjadi lebih rentan untuk mengembangkan gangguan rasa pada mulut.

3. Ketidakseimbangan Hormonal
Kenaikan atau penurunan kada hormon esterogen yang tidak seimbang yang berlangsung pada wanita selama periode menstruasinya atau ketika seorang wanita hamil, bisa menyebabkan perubahan rasa mulut yang berubah menjadi pahit .

4. Inhalasi atau Menghirup Zat
Mungkin banyak diantara anda yang sudah mengetahui bahwasanya efek dari merokok juga berimbas buruk pada rasa di mulut yakni timbulnya rasa asam hingga pahit, untuk itu tak heran jika merokok dapat mempengaruhi selera makan. Bahan kimia lain yang terhirup dari waktu kewaktu yang dapat menyebabkan timbulnya perubahan rasa pada lidah adalah benzene, bensin dan debu karet.

5. Kurangnya Asupan Vitamin B-12 dan Zinc
Kurangnya asupan vitamin B-12 dan Zinc akan menyebabkan mulut menjadi beraroma tidak sedap dan menyebabkan rasanya berubah menjadi pahit.

6. Kondisi Gigi Dan Mulut
Seseorang yang memiliki infeksi pada mulut, seperti halnya menderita gusi berdarah atau radang gusi maupun abses dan penyakit gigi seperti gigi berlubang, biasanya juga akan rentan mengalami mulut yang terasa pahit.

Selain itu, kebersihan gigi dan mulut dapat pula mempengaruhi, seseorang yang jarang menggosok giginya secara teratur, mungkin akan memiliki akumulasi bakteri dan kuman pada mulutnya, hal ini juga yang dapat menjadi salah satu penyebab mulut menjadi terasa pahit.

Cara Mengatasi Mulut Yang Teras Pahit
Agar mulut yang terasa pahit dapat teratasi, maka terlebih dahulu harus ditentukan penyebab pastinya, selanjutnya barulah dapat diambil langkah-langkah yang diperlukan untuk dapat menghilangkannya. Dan berikut ini ada beberapa langkah yang bisa anda ikuti untuk dapat mengatasi rasa pahit pada mulut.

1. Rasa pahit setelah makan, disebabkan karena gangguan pencernaan atau penyakit GERD. Hal ini dapat diatasi dengan waktu makan yang teratur, menghindari konsumsi makanan yang digoreng dan makanan pedas, serta makan sedikit namun sering dibandingkan dengan makan banyak secara sekaligus. Disamping itu ada baiknya konsumsilah minuman hangat dan makanan yang berkuah, konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B6 serta hindari bau-bauan menyengat.
2. Menjaga kebersihan mulut. Asam lambung akan dinetralisir oleh pasta gigi yang sifatnya basa selain itu kebanyakan pasta gigi mengandung perasa mint yang akan memberikan sensasi menyegarkan dimulut, jadi kapanpun lidah terasa pahit setelah mual ataupun muntah, menyikat gigi dapat menetralisirnya.
3. Menghentikan konsumsi obat-obatan yang memicu timbulnya rasa pahit pada mulut. Dalam hal ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.
4. Berhenti merokok. Mengehentikan kebiasaan merokok memang agak sulit, namun demi kesehatan ada baiknya jika anda mulai mencobanya secara perlahan.
5. Konsumsi buah jeruk atau minuman buah seperti jus jeruk atau jus lemon, karena konsumsi minuman ini akan merangsang produksi air liur. Dengan demikian akan membantu mengaliri mulut dan mengurangi rasa pahit pada lidah.
6. Perbanyaklah konsumsi air putih.

Mulut yang terasa pahit bukan merupakan kondisi yang serius. Hanya kadang kondisi ini menganggu anda. Dengan menjaga kesehatan gigi dan menjaga gaya hidup tetap sehat cukup mengatasi masalah ini. Bila keluhan ini tak kunjung teratasi sebaiknya segera dapatkan perhatian medis untuk tindak lanjut. (http://bidanku.com/mulut-sering-kali-terasa-pahit-apa-sebabnya-dan-bagaimana-mengatasinya)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close