Opini dan sukses bisnis

Usaha Setrika keliling beromset 9Jt

BEKASI, KOMPAS.com-Selalu ada jalan cari rezeki, bahkan dari bisnis sederhana sekalipun. Inilah yang dilakukan Tri Amelia (31). Dengan ketelatenannya, Tri Amelia sukses menjalani usaha jasa setrika keliling atau yang disebutnya dengan nama GoKil (gosok keliling). Kini, Tri dan suaminya, Irsan Heryadi (33), mampu memperoleh omzet hingga Rp 9 juta/bulan dari usahanya.

Sejak tahun 2013, pasangan suami istri ini membuka usaha jasa setrika keliling. Ide ini muncul saat sang suami tak sengaja melihat alat setrika dan mesin uap terbengkalai. Alat itu teronggok di rumah sejak usaha laundry (pencucian baju) miliknya tak berkembang.

Karena itu, Irsan yang bekerja di pabrik otomotif di kawasan Cibitung, Kabupaten Bekasi, ini berinovasi untuk mengubahnya menjadi alat setrika keliling. Dari situ, Irsan kemudian mencoba membuat boks sekadarnya dari bahan kayu. Boks itu kemudian disematkan di bangku belakang sepeda motor Honda Revo milik istrinya.

Di dalam boks itu terdapat sejumlah alat yang diperlukan untuk bisnisnya, yaitu setrika uap beserta selangnya, tabung gas 3 kilogram beserta kompornya, dan sebuah panci. Cara kerja alat GoKil ini cukup sederhana. Dua ujung selang ia sematkan ke alat setrika uap dan tutup panci. Setelah alat itu terpasang, Irsan kemudian memasak air di dalam boks.

Ketika air itu mendidih, hawa panas beserta uapnya dari panci itu akan pindah ke alat setrika. “Model seperti ini sudah diterapkan pengusaha laundry untuk menggosok pakaian konsumennya,” ujar Irsan saat ditemui di kediamannya, Perumahan Villa Mutiara Gading 3 Blok H3/6 RT 02 RW 18, Desa Kebalen, Kec-Babelan, Kab-Bekasi (24/2/16).

Setelah alat itu terpasang, sang istri, Tri, keliling perumahan sambil membunyikan klakson motor sebagai tanda menjajakan jasa GoKil. Awalnya, tak ada satu pun pelanggan yang menggunakan jasanya. Meski begitu, Tri tidak patah semangat. Ia lalu menyebarkan info terkait usahanya ini melalui brosur. Tapi, dua bulan berselang, tak ada juga pelanggan yang menelepon untuk memakai jasanya.

Beruntung, pada bulan ketiga, mulai ada satu pelanggan yang menghubungi untuk menggunakan jasanya. Dari situ, jasa GoKil kian menyebar lewat mulut ke mulut. Saking senangnya, setiap hari, Tri berkeliling perumahan dari pukul 09.00-12.00. Ia melanjutkan usahanya itu pukul 15.00-17.00. Hingga bulan keenam, Tri sudah bisa mempekerjakan satu karyawan.

Satu karyawan itu bertugas menggosok pakaian di rumahnya. “Selain jasa GoKil, saya juga buka usaha gosok di rumah. Kalau banyak order, biasanya saya bawa pulang”. Lambat laun, rupanya usaha jasa Gokil miliknya kian berkembang. Bahkan kini dia telah mempekerjakan lima pegawai. Empat di antaranya bertugas menggosok pakaian dan satu orang melakukan pengepakan.

Dalam sehari, ia mampu melayani 240 Kg pakaian dengan tarif Rp 3.500/Kg. Kecuali untuk jarak jauh, ia mematok tarif Rp 4.000/Kg. “Cuma enggak ada kurir aja, jadi terpaksa saya yang mengantarkan pakaiannya,” katanya. Dengan uniknya usaha mereka, Tri berharap hal ini dapat menjadi inspirasi bagi ibu-ibu rumah tangga lainnya untuk bisa berwirausaha.

“Ibu2 rumah tangga yang punya anak juga bisa membuat usaha,” ucapnya. (Fitriyandi Al Fajri; Icha Rastika; Warta Kota dan http://megapolitan.kompas.com/read/2016/02/24/19515021/Buka.Usaha.Setrika.Keliling.Pasutri.Ini.Raup.Omzet.Rp.9.Juta.Per.Bulan.?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp)-FatchurR
————-

Sajian lainnya : Wirausahawan sukses di Indonesia
Menjadi seorang wirausahawan yang sukses bukanlah suatu yang terjadi secara kebetulan, dibalik kesuksesan itu pasti ada kerja keras, keuletan, ketekunan dan niat yang besar dalam kesuksesan itu sendiri. Begitu pula para pengusaha tidak ada pengusaha yang sukses secara kebetulan, namanya saja pengusaha yang mempunyai arti orang yang berusaha.

Dalam KBBI kata usaha mempunyai arti kegiatan dengan mengerahkan segala daya pikiran, tenaga, atau badan untuk mencapai suatu maksud. Nah kan, untuk mencapai suatu maksud itu membutuhkan tenaga, pikiran dan juga kamu harus fokus untuk mendapatkannya.

Daftar Wirausahawan Muda Yang Sukses di Indonesia
Siapa yang tidak mau menjadi pengusaha?, punya bisnis, mandiri secara finansial, tapi apakah ada yang mau berproses untuk menjadi pengusaha yang sukses. Saya rasa hanya sedikit yang mau terbukti dengan sedikitnya jumlah pengusaha yang ada di Indonesia.

Mereka lebih memilih menjadi pegawai dari pada menjadi seorang pengusaha, banyak yang tidak mempunyai keberanian untuk keluar dari zona nyaman. Nah pada artikel kali ini saya akan meberikan banyak profil pengusaha indonesia yang sukses membangun bisnisnya. Berikut 7 wirausaha sukses di Indonesia:

1. Bong Chandra
Pemuda yang lahir 25/10/1997 ini lebih dikenal sebagai seorang motivator yang mendapatkan penghargaan sebagai motivator termuda se Asia. Berawal dari berjualan kue dan baju, Bong Chandra menyadari bakatnya dalam bidang motivator, akhirnya dia memberanikan diri untuk membuka pelatihan motivasi bersama dengan rekanya.

Sekarang ini Bong Chandra telah memiliki beberapa bidang usaha dan memiliki karyawan lebih dari 100, dengan banyaknya usaha yang di gelutinya membuat Bong Chandara menjadi miliader diusia yang masih muda.

2. Purdi E Chandra
Sekarang ini siapa yang tidak tahu lembaga bimbingan belajar Primagama, Purdi E Chandra merupakan sosok di balik berdirinya lembaga bimbingan belajar Primagama, yang mendapatkan rekor MURI sebagai lembaga bimbingan belajar terbesar se Indonesia.

Pada mulanya Primagama hanya memiliki 2 murid saja, akan tetapi berkat usaha dan keuletan Purdi E Chandra sehingga bisa berkembang pesat, seperti kita tahu sekarang Primagama memiliki murid lebih dari seratus ribu murid per tahun dan mempunyai ratusan qutlet yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

3. Chairil Tanjung
Siapa yang tidak kenal Chairil Tanjung, atau biasa akrab di sapa degan CT? ya dialah salah satu pengusaha besar di Indonesia Dengan kerja kerasnya CT mempunyai beberapa usaha yang menguasai pasar indonesia.

Pada masa kuliah Chairil Tanjung sudah mulai berjualan buku kuliah stensilan, kaos, dan membuka usaha foto copy, dengan kegigihannya akhirnya dia bisa membuka perusahaan dengan tiga rekannya, akan tetapi karena belum puas dengan apa yang diraihnya pada saat itu, akhirnya CT mendirikan perusahaannya sendiri.

Dengan Para Groupnya CT mengembangkan bisnisnya ke segala bidang, di bidang keuangan dia mengambil alih Bank Mega. Perusahaan yang dia beri nama Para Group ini membawahi beberapa bisnis lainnya, diantaranya;

Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti Investindo (media dan Investasi), Para Inti Propetindo (properti). Di bidang penyiaran dan media ia memiliki TransTv, Trans7, Trans Studio, dan masih banyak lagi kesuksesan yang dia raih.

4. Elang Gumilang
Elang Gumilang adalah sosok yang sukses mengembangkan bisnis properti, sebagai developer perumahan pemuda ini sukses membidik orang-orang yang kurang mampu, dengan menawarkan perumahan murah tipe 20/60. Hanya dengan uang 30 jutaan orang sudah bisa memiliki hunian yang nyaman untuk berlindung dari panas dan hujan. Pemuda yang lahir di Bogor pada tanggal 6 april 1985 ini memiliki keuntungan 20 milyar tiap tahunnya dari penjualan perumahan yang di bangunnya.

5. Reza Nurhilman
Pemuda yang lebih familiar dengan panggilan AXL ini terkenal dengan produk keripik pedasnya (Makicih).Bermodal 50 juta dia memproduksi 50 bungkus keripik per harinya, dan memasarkan produknya hanya lewat media online.

Dengan kerja keras dan ulet kini AXL memiliki beberapa produk unggulan : Keripik singkong pedas (level 3,5, dan 10), gurilem, seblak dan Baso goreng. Berkat usaha keripiknya AXL bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar tempat produksinya. Kini produksinya mencapai 2000-5000 per hari dan bisa menyerap tenaga kerja sebanyak 30 orang untuk membantu produksi.

6. Handy Setiono
Jatuh bangun sempat dirasakan Hendy Setiono saat memulai bisnis. Hendy merintis usaha kuliner kebab turki, kuliner asli timur tengah itu di modifikasi agar rasanya cocok sama lidah orang indonesia. Saat mulai usaha kuliner ini Hendy sempat di tipu oleh karyawannya sendiri, pernah juga di tinggal oleh karyawannya sehingga dia dan istrinya harus terjun langsung untuk berjualan.

Berkat kerja keras dan usahanya Hendy berhasil mengembangkan jaringan bisnisnya keseluruh Indonesia. Tidak hanya itu Hendy dinobatkan sebagai pengusaha sukses se Asia under 25 oleh majalah Business Wekk International pada tahun 2006.

7. Sandiaga Uno
Sandiaga Uno lahir di Rumbai Pekanbaru 28/6/1969. Sandiaga memulai usahanya karena kepepet, tempat di mana dia bekerja mengalami kebangkrutan sehingga dia kena PHK. Setelah keluar dari tempat kerja Sandiaga mendirikan perusahaan di bidang konsultasi keuangan PT Saratoga Advisor bersama rekannya.

Usahanya terbilang berhasil terbukti peusahaannya bisa mengambil alih beberapa perusahaan lain. Pada tahun 2009 Sandiaga Uno tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia no 29. Selain sibuk dengan beberapa usahanya Sandiaga Uno juga kerapa mengsi seminar motivasi kewirausahaan dan juga bisnis.

Itulah 7 Wirausahawan Sukses Di Indonesia yang sukses membangun bisnisnya sampai memiliki penghasilan miliaran perbulannya. Semoga kita juga bisa termotivasi untuk menyusul mereka dalam mengembangkan bisnis dengan kerja keras. (http://sarungpreneur.com/7-wirausahawan-sukses-di-indonesia/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close