Opini dan sukses bisnis

Kegagalan kecil berbisnis

Ada tantangan besar di luar sana bagi pebisnis. Memulai usaha terbilang gampang2 susah. Kegagalan adalah risiko terbesar yang harus dihadapi pebisnis, terlebih pebisnis pemula. Persaingan bisnis, manajemen internal perusahaan, dsb bisa jadi faktor kegagalan berrbisnis. Faktor2 ini perlu diperhatikan pebisnis yang baru memulainya.

Sikap pengusaha
Sikap pengusaha yang keras kepala, tidak mau berhadapan dengan risiko dan konflik, paranoid, perfeksionis, dan merasa paling benar, sering kali membuatnya tak mampu menerima ide atau masukan dari orang lain atau bawahannya. Hal inilah yang dapat memicu kegagalan dalam bisnis.

Disfungsi manajemen
Kurangnya fokus, visi, perencanaan, standar dan lain sebagainya yang terkait dengan manajemen, ditambah lagi dengan mitra kerja yang tidak kompak bisa menjadi penyebab bisnis mati.

Operasional tidak efisien
Terlalu banyak pengeluaran untuk sewa, tenaga kerja, dan bahan produksi, ditambah lagi dengan karyawan yang tidak ulet dan tidak mampu bernegosiasi (dalam konteks yang menguntungkan perusahaan) dapat menyebabkan perusahaan jadi tidak kompetitif.

Akuntansi buruk
Seorang pengusaha tak bisa mengontrol bisnisnya apabila tidak ada data keuangan. Kesalahan yang umum terjadi adalah para pengusaha menyewa jasa akuntan luar untuk melakukan perhitungan pajak dan mengawasi keuangan, padahal seharusnya pekerjaan itu adalah bagian kepala keuangan.

Kekurangan uang cash
Hal buruk seperti kehilangan pelanggan dan karyawan yang berpotensi, datangnya kompetitor baru, dan tuntutan hukum bisa saja terjadi pada pengusaha manapun yang membuat tekanan pada keuangan perusahaan. Kondisi tersebut dapat membuat perusahaan kesulitan dalam proses recovery apabila perusahaan harus berutang uang cash dalam jumlah yang signifikan.

Pertumbuhan yang tidak terkontrol
Terlalu luas berekspansi mungkin penyebab kegagalan yang paling ironis. Ekspansi yang gagal dapat disebabkan karena salah memilih pasar yang ternyata tidak menguntungkan dan terlalu banyak meminjam uang dalam upaya mempertahankan pertumbuhan pada tingkat tertentu.

Penurunan pasar
Toko buku, toko musik, bisnis percetakan dan bisnis lainnya yang berhubungan dengan perubahan teknologi, permintaan pasar, dan kompetisi dari perusahaan besar dengan daya beli yang besar adalah bisnis yang rentan mengalami penurunan pasar. (sumber: nytimes.com dan http://www.marketing.co.id/7-faktor-kegagalan-bisnis-kecil/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close