Aku cinta Indonesia

PLN bertarget tekan porsi BBM

Denpasar-PT PLN ditargetkan bisa menekan porsi BBM dalam bauran energi pembangkit listrik jadi 6,7% pada tahun ini. Porsi BBM ini sempat 22% pada 2011 lalu. Dirjen Ketenagalistrikan Kemen ESDM Jarman mengatakan, PLN berupaya menurunkan porsi pemakaian BBM di pembangkit listrik.

Pada 2011, konsumsi BBM pembangkit listrik mencapai 11,2 juta kiloliter (KL) atau 22% dari bauran energi. Porsi BBM ini telah turun menjadi 14% atau 7,2 juta KL pada 2014. “Tahun ini ditargetkan porsi BBM turun di bawah 7%, yakni 6,7%,” kata dia di sela peresmian Museum Geopark di Denpasar (1/4).

Caranya, PLN bisa memperbanyak porsi batu bara dan gas sebagai BBM pembangkit listrik. Dengan memakai gas, PLN bisa mengirimkan hingga daerah2 terpencil di wilayah timur Indonesia dalam bentuk gas terkompresi (compressed natural gas/CNG) atau gas alam cair (liquefied natural gas/LNG).
“Itu kan (daerah terpencil) kalau pakai BBM kan mahal, jadi lebih baik pakai gas,” ujarnya.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur dan Bali PLN Amin Subekti memaparkan, dalam program 35.000 megawatt (MW), terdapat banyak rencana pembangunan pembangkit listrik berbahan bakar gas yakni mencapai 13.400 MW. Untuk memastikan pasokan gas seluruh pembangkit ini, pihaknya sudah menyiapkan metode distribusi gas dengan virtual pipeline.

“Nanti gas dalam bentuk CNG maupun LNG akan diangkut dengan kapal. Selanjutnya kapal tersebut akan berkeliling ke pembangkit-pembangkit yang ada. Jadi seakan ada pipa, walau secara fisik tidak ada,” jelas dia.

PLN telah mulai transportasi gas dalam bentuk CNG ini di Batam. Perseroan juga telah memasok pembangkit di Bawean dengan metode ini dengan pasokan dari fasilitas compressing di PLTGU Gresik. Dalam waktu dekat, fasilitas tersebut akan mampu memasok CNG 28 juta kaki kubik per hari (million standard cubic feet per day/mmscfd) ke pembangkit listrik di Lombok.

Melalui pengurangan konsumsi BBM, tutur Amin, perseroan telah berhasil melakukan efisiensi. Pada tahun lalu, PLN bisa menghemat Rp 15 triliun dengan memangkas pemakaian BBM di pembangkit listrik. (Retno Ayuningtyas/PCN; Investor Daily dan http://www.beritasatu.com/industri-perdagangan/357777-pln-ditargetkan-tekan-porsi-bbm-jadi-67.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close