Kesehatan

Ikan gabus dapat obati Diabet

SURABAYA, KOMPAS.com-Ikan Gabus berkhasiat sebagai obat. Peneliti ITS Surabaya, membuktikan, bahwa ekstrak Ikan Gabus jadi obat penyakit diabetes. Penelitian pada hewan uji. Hasil yang didapat, ekstrak ikan Gabus dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki jaringan pankreas yang rusak.

“Kerusakan jaringan pankreas, dapat menyebabkan terjadinya hiperglikemik atau kadar gula berlebih dalam darah,” kata salah satu peneliti, Dr Dewi Hidayati SSi MSi (2/4/2016). Dewi mengungkapkan, sebelumnya hewan uji telah diberi senyawa aloksan ke dalam tubuhnya.

Senyawa ini bertujuan untuk merusak jaringan pankreas pada hewan uji. Setelah itu barulah hewan uji diberikan ekstrak ikan gabus. Tak lama kemudian, terlihat ekstrak ikan gabus mampu meregenerasi jaringan pankreas yang sebelumnya rusak akibat pemberian senyawa aloksan.

“69,78% jaringan pankreas kembali normal”. Apakah ekstrak ikan Gabus juga bisa mengobati impotensi akibat diabetes? Hasil penelitian, ekstrak ikan Gabus tidak hanya memulihkan jaringan pankreas, tapi juga berhasil meregenerasi jaringan testis hewan uji. Rencananya, riset tentang manfaat ikan Gabus ini juga akan dikembangkannya dalam hal molekular.

“Pendekatan molekular ini dapat menjadi ilmu baru dalam bidang pengobatan di Indonesia,” tuturnya.
Dewi berharap, ekstrak ikan asli penghuni perairan Indonesia yang ditelitinya bersama tim, dapat menjadi obat diabetes alternatif yang efektif, murah, dan mudah didapat oleh masyarakat.

Dari penelitian berjudul “Blueprint for Change”, penderita diabetes di Indonesia tercatat 7,6 juta orang. Sebanyak 41% di antaranya tidak tahu kondisi kesehatannya, dan 39% tidak mendapat pengobatan. Sisanya, hanya 0,7% penderita diabetes yang mendapatkan pengobatan dengan tepat.

Padahal DM salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi ke-6 di Indonesia. Kebanyakan penderita tidak sadar mengidap penyakit ini karena kurangnya pengetahuan mengenai gejala2 yang timbul. Selain itu, biaya pengobatannya terbilang mahal. (Ahmad Faisal; Bestari Kumala Dewi; http://health.kompas.com/read/2016/04/03/130700323/Ikan.Gabus.Terbukti.Dapat.Obati.Diabetes)-FatchurR
——–
Sajian lainnya :
1. Otak mengecil (Atrofi cerebri)
2. Berbahaya pesawat terbang sering ditembak laser
3. 4 Macam pengetahuan kesehatan sederhana
——–

1-Otak mengecil (Atrofi cerebri)
Proses penuaan bisa membuat volume otak mengecil karena sebagian selnya akan mati atau mulai mengalami kerusakan. Beberapa kebiasaan buruk bisa membuat proses tersebut terjadi lebih cepat, sehingga volume otak menyusut sejak masih muda.

Hal sepele yang diabaikan misalnya TIDAK SARAPAN, rupanya berpengaruh terhadap fungsi otak. Begitu juga dengan kebiasaan2 yang kadang tidak terlalu diperhatikan, dari kurang tidur hingga jarang bicara. Kebiasaan buruk yang membuat volume otak menyusut adalah sbb, seperti dikutip dari Healthmad

✳1. TIDAK SARAPAN
Sarapan di pagi hari penting untuk menjaga kadar gula darah, yang dibutuhkan agar otak bisa bekerja dengan baik. Kadar gula yang terlalu rendah bisa membuat otak kurang nutrisi lalu lama-kelamaan volumenya akan menyusut.

✳2. GALAK
Emosi yang meledak-ledak karena terlalu mudah bereaksi bisa membuat pembuluh darah mengalami pengerasan. Jika pengerasan itu terjadi di pembuluh darah otak, maka kemampuannya akan menurun dan lama-kelamaan ukuran otak juga mengecil.

✳3. MEROKOK
Beberapa jenis penyakit degeneratif atau penyakit yang disebabkan oleh proses penuaan bisa dipercepat oleh racun-racun di dalam asap rokok. Alzheimer atau salah satu jenis kepikunan merupakan satu di antaranya.

✳4. TERLALU BANYAK GULA
Otak bisa menyusut karena kekurangan gula saat tidak sarapan. Sebaliknya, terlalu banyak gula di dalam darah juga mempengaruhi penyerapan protein sehingga pertumbuhan otak terhambat.

✳5. POLUSI UDARA
Untuk bisa bekerja dengan optimal, otak butuh suplai oksigen yang cukup dari udara pernapasan. Polusi udara terutama gas karbon monoksida bisa membajak fungsi sel-sel darah merah dalam mendistribusikan oksigen, sehingga fungsi otak mengalami gangguan.

✳6. KURANG TIDUR
Otak juga butuh istirahat, karena itu kualitas tidur benar-benar sangat mempengaruhi fungsi otak. Kurang tidur bisa membuat sel-sel otak lebih cepat mengalami kerusakan.

✳7. TIDUR DENGAN KEPALA DITUTUP BANTAL
Menutupi kepala dengan bantal saat tidur berarti menghalangi pertukaran udara, sehingga gas buang karbon dioksida terhirup kembali ke paru-paru. Ruangan untuk menampung oksigen akhirnya berkurang, sehingga tidak bisa didistribusikan dengan maksimal ke otak.

✳8. Berpikir keras saat sedang tidak sehat
Selain saat tidur, otak juga perlu diistirahatkan saat tubuh sedang sakit. Memaksakan diri untuk berpikir keras saat sakit akan membuat otak bekerja makin tidak efisien dan akhirnya cepat rusak.

✳9. JARANG BICARA
Percakapan yang cerdas dan berbobot sangat membantu perkembangan otak. Jika jarang digunakan untuk berdiskusi dan saling bertukar pikiran, maka otak akan tumpul dan sel-sel di dalamnya tidak berkembang.

✳10. KURANG DIRANGSANG
Seperti kata pepatah, otak ibarat pisau yang harus diasah terus menerus agar tidak tumpul. Menghafal kitab suci, Membaca buku , belajar dan mempelajari hal baru, Mengajar, Aktif di Yayasan ato perkumpulan dll merupakan beberapa contoh rangsangan untuk menjaga otak tetap tajam, sehingga lebih awet sampai lanjut usia.

MARI HINDARI PENGECILAN VOLUME OTAK, jika sampai terjadi dapat menyebabkan kita KOMA dan PELUPA-Alzheimer. (Hidayat B Praptono; dari grup WA-78)-FR
——–

2-Berbahaya pesawat terbang sering ditembak laser
Banyak orang tua yg nggak tahu bahayanya laser pointer shg membiarkan anak/cucunya memainkan dan diarahkan ke wajah temannya pdhal kalau tepat mengenai pupil mata, itu bisa menimbulkan kebutaan. Bacalah : Mata Sehat di Depan Layar Makanan Lezat untuk Mata Sehat

Kompas.com-Pointer laser membantu saat presentasi. Tapi sebaiknya Anda mewaspadai cahayanya, terutama yang warna hijau, agar tidak terkena mata. The National Institute of Standards and Technology menyebutkan 90% pointer yang mengeluarkan sinar warna hijau dan 50% pointer sinar warna merah memiliki sinar yang terlalu kuat dan melebihi standar keamanan.

Laser warna hijau memiliki panjang gelombang lebih pendek dari warna merah sehingga lebih terang dan lebih berbahaya. Paparan yang intens dari laser berwarna hijau bisa menyebabkan retina mata panas. Meski tak terlihat, sinar infrared juga bisa menyebabkan parut pada retina, bahkan titik buta.

Karena panjang gelombang tidak terlihat, maka mekanisme pertahanan alami mata, yakni kelopak mata, tidak bisa memberikan perlindungan. Para pilot pesawat umumnya lebih paham bahaya sinar laser itu. Pada tahun 2011 saja diketahui ada 3.500 kasus gangguan akibat sinar laser pada pesawat.

Juli 2012, pilot JetBlue mengalami cidera mata ketika seseorang di landasan menembakkan sinar laser warna hijau ke jendela kokpit. Untungnya pesawat bisa mendarat selamat. Tetapi sayangnya orang yang menembakkan sinar laser tersebut tak tertangkap. (Aries Munadi; dari grup WA-72; bersumber dari http://health.kompas.com/read/2013/03/25/10461934/Sinar.Pointer.Laser.Merusak.Mata)-FR
——-

3-Empat Macam pengetahuan kesehatan sederhana
1. Tersedak makanan,
2. Salah bantal,
3. Kram kaki,
4. Kaki kesemutan

1. Cara penanganan jika tersedak makanan — hanya perlu “mengangkat tangan”.
Di Atlantic City, New Jersey, AS, ada seorang bocah berusia 5 tahun bernama A’Zir Spence yang secara cerdik berhasil menyelamatkan nyawa neneknya, metode yang dipergunakannya sangat sederhana, hanya perlu “mengangkat tangan”.

Shirldine Stewart berusia 56 tahun sedang menonton televisi di rumah sambil makan jelly ketika cucunya Spence turun ke bawah untuk menanyakan sesuatu kepadanya.Ketika sang nenek memalingkan muka untuk memandang cucunya, sepotong jelly tersangkut di kerongkongannya.

Sang nenek berusaha menolong diri sendiri dengan menekan-nekan bagian perut, namun tidak ada gunanya, Spence lalu bertanya: “Nek! Apakah nenek tersedak?”, namun sang nenek tidak bisa menjawab. “Saya rasa nenek tersedak. Nek! Ayo cepat naikkan tangan nenek!”

Nenek Stewart lalu mengangkat tangan di atas kepalanya dan ternyata jelly itu keluar dari kerongkongannya. Spence menyampaikan kalau metode ini dipelajarinya di sekolah. Jadi cara penanganan jika tersedak makanan — hanya perlu “mengangkat tangan”.

2. Salah bantal
Kadang ketika bangun tidur, anda menemukan diri anda salah bantal, yaitu merasa nyeri di leher. Apa yang harus dilakukan ketika salah bantal? Ketika merasa salah bantal, anda hanya perlu mengangkat kaki anda, kemudian tarik ibu jari kaki dan pijat dengan memutar searah atau berlawanan arah jarum jam.

3. Kram kaki
Ketika kram kaki kiri, angkat tangan kanan tinggi-tinggi, ketika kram kaki kanan, angkat tangan kiri tinggi-tinggi, segera akan terasa lebih enak.

4. Kaki kesemutan
Ketika kaki kiri kesemutan, ayun telapak tangan kanan dengan sekuat tenaga, ketika kaki kanan kesemutan, ayun telapak tangan kiri dengan sekuat tenaga. (Ngreni; dari grup WA-78)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close