Cermin bisnis Anggota

BPTg sebagai Inkubator bisnis

[mimpi kaleee, yeee … ]-Selama ini yang kita dengar adalah BPTg sebagai ‘market place’ atau ‘pemasaran bersama’. Tetapi melihat sepak terjang BPTg selama ini, dalam usia yang belum genap satu tahun, dalam tahap mencari jatidiri, nampaknya BPTg juga dapat disebut sebagai INKUBATOR BISNIS. Dapatkah hal itu terwujud? Why not? Tergantung ketetapan niat pengelola dan sasaran yang hendak dicapai secara bersama-sama.

Apa itu Inkubator Bisnis? Inkubator bisnis adalah perusahaan atau lembaga yang memberikan suatu program yang didesain untuk membina dan mempercepat keberhasilan pengembangan bisnis melalui rangkaian program permodalan yang diikuti oleh dukungan kemitraan / pembinaan elemen bisnis lainnya dengan tujuan menjadikan usaha tersebut menjadi perusahaan yang profitable, memiliki pengelolaan organisasi dan keuangan yang benar, serta menjadi perusahaan yang sustainable, hingga akhirnya memiliki dampak positif bagi masyarakat.

Program inkubasi yang diberikan pada umumnya adalah bagi start-up company atau suatu perusahaan yang masih berada di tahap awal (early stage) atau usaha yang telah berjalan kurang dari 2 tahun. Suatu studi penelitian di Amerika, dimana konsep ini lahir, menunjukan bahwa 87% dari usaha start-up yang melalui program inkubasi / pembinaan dapat bertahan dan menjalankan bisnis mereka dengan baik.

Pada umumnya jasa / bantuan yang diberikan oleh inkubator bisnis adalah:
▪ Akses dan bantuan permodalan
▪ Membuka jaringan yang terkait dan dapat membantu perkembangan usaha tersebut
▪ Pengembangan strategi pemasaran (marketing)
▪ Membantu dalam manajemen akuntansi / keuangan
▪ Mentoring dan pelatihan bisnis
▪ Manajemen pengelolaan perusahaan dan budaya perusahaan
▪ Memberi pengenalan dan penekanan atas etika bisnis
▪ Memberikan informasi mengenai industri bisnis terkait secara umum
▪ Membantu hal-hal terkait dengan regulasi

Pada dasarnya yang dilakukan oleh inubator bisnis adalah suatu bagian dari progran kemitraan untuk mengembangkan bisnis bersama-sama, dengan tujuan menjadikan usaha tersebut menjadi suatu bisnis yang nyata dan berkembang sesuai dengan visi dari perusahaan tersebut. (Akung Pras; dari grup FB-BPTg )FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close