Aku cinta Indonesia

Rusun nelayan akan di bangun

MEDAN-Menko Bidang Maritim-SD Rizal Ramli berencana membangun rumah susun (rusun) bagi masyarakat nelayan, di Kampung Nelayan Belawan, Medan.

 

“Saya sudah bicara dengan Gubernur Sumut untuk rencana pembangunan rusun bagi masyarakat Kampung Nelayan di Belawan ini. Karena maaf, yang saya lihat hari ini tempat tinggal di atas air laut ini tidak layak,” ungkap Rizal saat kunjungan ke daerah pinggiran laut tersebut.

 

Rizal pun menargetkan, dalam dua sampai tiga tahun ke depan realisasi dari pembangunan sudah harus terlihat. Pasalnya, hampir semua masyarakat setempat tinggal di rumah yang tergolong tidak layak huni.

 

“Ada 16 juta penduduk nelayan di Indonesia, mohon maaf semua berekonomi miskin. Jadi, harus ada perbaikan dan terobosan yang dilakukan mengangkat perekonomian nelayan ini. Apalagi selama ini pendidikan anak-anak nelayan tidak pernah diperhatikan, dan terkesan anak nelayan ini tidak sekolah,” kata Rizal.

 

Selain itu, tahun ini empat anak nelayan telah diberikan beasiswa penuh untuk melanjutkan pendidikannya ke Politeknik Sidoarjo. Di kampus tersebut, para anak nelayan ini akan masuk jurusan Manajemen Pengelolaan Ikan.

 

“Ini beasiswa penuh yang kami berikan. Jadi, nanti setelah tamat dari kuliah ini, mereka akan kembali ke sini. Ilmu mereka itu akan dimanfaatkan untuk mencerdaskan masyarakat di Kampung Nelayan ini,” tutur Rizal.

 

Mulai tahun ini hingga 2019, kata Menko Rizal, pemerintah juga akan membagikan 3.500 unit kapal nelayan. Kapal tersebut akan diberikan secara gratis kepada masyarakat nelayan untuk memudahkannya menangkap ikan.

 

“Kami ingin nelayan hidup baik dan layak. Sekarang nelayan sudah mulai tidak sulit menangkap ikan,” pungkasnya. (rhs; http://economy.okezone.com/read/2016/06/18/470/1418830/menko-maritim-rizal-ramli-janji-bangun-rusun-untuk-nelayan?utm_source=wp_bt)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close