Iptek dan Lingk. Hidup

Bluetooth V5 berjangkauan lebih luas

Jakarta, CNN IndonesiaStandar Bluetooth versi 4 segera diganti versi 5. Pasalnya, Bluetooth Special Interest Group (SIG), badan yang mengawasi pengembangan standar Bluetooth berencana mengenalkan teknologi teranyarnya dalam waktu dekat.

“Pada tanggal 16 Juni-2015 kita resmi mengumumkan versi berikutnya dari Bluetooth akan dipasarkan dengan nama Bluetooth 5,” kata Mark Powell, Direktur Eksekutif Bluetooth SIG. Jika dibanding dengan standar sebelumnya, Bluetooth 5 dijanjikan menjangkau 2x lebih jauh dan 4x lebih cepat ketika beroperasi pada mode rendah daya (low energy).

Sayangnya, Mark belum menjelaskan spesifik berapa kecepatan yang bisa dicapai Bluetooth 5. Standar Bluetooth yang baru ini nantinya juga bisa menyajikan informasi berdasarkan lokasi sekaligus fitur navigasi, layaknya GPS.

“Fungsionalitas Bluetooth 5 juga akan mempunyai meningkat secara signifikan untuk connectionless service seperti menampilkan informasi berdasarkan lokasi dan navigasi,” lanjutnya.

Dengan adanya Bluetooth 5, penyebaran beacon (sensor kecil) yang tertanam di Bluetooth untuk mentransmisikan data lokasi) bisa lebih luas sehingga layanan berbasis lokasi akan semakin mudah untuk diadopsi. (tyo; Aqmal Maulana; http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160708142438-185-143683/bluetooth-versi-5-punya-jangkauan-lebih-luas/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close