Iptek dan Lingk. Hidup

Saldo eToll Habis Di Gerbang Tol Apa yang harus dilakukan

(Cuplikan dari : otomotif.kompas.com)-JAKARTA; Tiap berkendara melintasi jalan tol akan dikenakan tarif tertentu. Maka dari itu, pengendara wajib mempersiapkan saldo uang elektronik pada kartu e-toll.

Jika saldo  tidak cukup (kurang) perjalanan pengendara terhambat lantaran tidak bisa transaksi pembayaran di gerbang tol. BPJT melalui Twitter resminya @pupr_bpjt mengatakan, kini pengendara tak perlu cemas saat situasi saldo e-toll habis atau kurang.

“Pernah mengalami saldo e-Toll kehabisan (saldo kurang) saat tapping di Gerbang Tol? Pasti bingung atau panik. Saran mimin, jangan panik, calm. Tetap tenang dan jangan memundurkan kendaraan untuk keluar atau pindah dari gardu tol,” tulis @pupr_bpjt.

Berikut langkah yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kendala saldo e-toll habis atau kurang di tengah perjalanan:

1-Pengendara dapat menekan tombol bantuan yang terletak di gardu tempat pembayaran, berdekatan dengan tombol ‘Cetak Struk’. Dengan menekan tombol tersebut, petugas akan datang membantu.

2-Pengendara dapat langsung meminta bantuan petugas di sekitar gerbang tol dan menjelaskan kepada petugas bahwa saldo e-toll tidak mencukupi, lalu ikuti arahan petugas tersebut. Mungkin kartu akan diisi ulang langsung atau diminta bayar tunai dan diarahkan untuk mengisi di rest area terdekat.

3-Pengendara dapat melakukan Top up saldo e-toll dengan aplikasi mobile banking di ponsel sesuai bank provider pada e-toll yang digunakan.

4-Jika saldo e-toll kurang, sobat dapat mengisi juga di rest area terdekat atau gerai minimarket yang tersedia.

Perlu diketahui, ketika saldo e-toll tidak cukup pada gerbang tol sistem transaksi tertutup, pengendara jangan mengganti kartu berbeda dari saat masuk dan keluar karena dianggap menerobos dan dikenakan denda 2x tarif terjauh di ruas yang sama.

“Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya melakukan pengecekan saldo kartu tol dan tarif tol dari lokasi asal sampai dengan tujuan pakai aplikasi BPJT Info Tol yang dapat diunduh di smartphone masing-masing,” tulis @pupr_bpjt.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di  Kompas.com dengan judul “Saldo E-toll Habis di Gerbang Tol, Apa yang Harus Dilakukan?”, Klik untuk baca:

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/19/102200315/saldo-e-toll-habis-di-gerbang-tol-apa-yang-harus-dilakukan.
Penulis : Janlika Putri Indah Sari; Editor : Agung Kurniawan

Download aplikasi  Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:

Android https://bit.ly/3g85pkA

iOS: https://apple.co/3hXWJOL

(Disajikan ulang oleh FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close