Opini dan sukses bisnis

Memulai bisnis(4) Promosi dari mulut ke mulut

// Saya ini passion-nya menulis, bukan bisnis. Jadi kalau tulisan ini tentang bisnis, ya anggap saja ini cerbung saja, cerita selingan, tulisan hiburan di forum ini. Namun demikian bahan tulisan merupakan hal yang kongkrit //

Banyak cara promosi, salah satunya dari mulut ke mulut. Promosi seperti ini lambat cakupannya (orang yang terjaring promosi sedikit), namun kalau sudah berjalan akan sangat menguntungkan, sebab kita tidak perlu promosi secara terus menerus, orang lainlah yang melakukan promosi. Seperti bola salju, yang bisa jadi makin lama makin besar. Gratis lagi.

Karena yang promosi orang lain, maka dasarnya adalah “kisah nyata” atau testimoni ketika menerima produk (barang atau jasa), termasuk layanannya, maka promosi ini bisa bersifat positif, mengajak menggunakan orang lain menggunakan produk anda atau malah sebaliknya.

Promosi dari mulut ke mulut ini bisa berjalan sendiri secara otomatis atau ditrigger / didorong oleh yang punya produk. Kalau yang otomatis, orang akan berceraita tentang suatu produk baik maupun buruk. Bisa juga pemilik produk meminta tolong orang lain,misalnya pengguna produk sebelumnya.

” Nanti kalau ada teman, ajak saja menggunakan produk ini”, atau ” Nanti kalau ada teman, ajak saja ke sini ya”.

Kalau ingin mengandalkan (salah satunya) promosi dari mulut ke mulut, sebaiknya produk (barang atau jasa) harus bagus, termasuk layanannya. Produk bagus termasuk kualitas, paketisasinya (kalau di TV ada paket hemat, paket lebaran, dsb), pengemasaan dan tentu saja harganya. Layanan yang bagus, termasuk keramahan, kecepatan dan kecermatan (tidak salah).

Karena pada dasarnya orang tidak suka bohong. Orang hanya memberikan kesaksian atas produk berdasarkan pengalamannya menggunakan produk itu. Kalau toh minta tolong, apalagi membayar, orangnya pastilah terbatas jumlahnya.

 

Oh ya, katanya kalau orang memberikan informasi bahwa ada produk baik, 5 orang akan percaya, namun kalau orang mengatakan produk (dan layanan) jelek maka 10 orang akan percaya. Maka penting untuk menjaga produk dan layanan agar semakin banyak orang mengenal dan menggunakan produk anda, melalui promosi mulut ke mulut ini . Bersambung…………….. (Widartoks 2016; dari grup FB- )-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close