Islam

Tinggal Beberapa Saat Lagi (TA 087)

Kesebelasan Irlandia tinggal menunggu beberapa menit lagi untuk menahan gempuran kesebelasan Wales. Bila sampai adu penalty, mereka mengandalkan kipper mereka yang tangkas. Gareth Bale bagaikan panglima perang terus menerus menteror gawang Irlandia.

 

Pemain bintang Real Madrid ini memberikan assist untuk membuat bek Irlandia Utara, Gareth McAuley, melakukan gol bunuh diri pada menit ke-75. Kekalahan yang menyakitkan.

Pada perang Uhud, pasukan muslimin tinggal menunggu waktu saja untuk menikmati kemenangan atas pasukan Quraisy. Pasukan kaum musrik sudah kocar kacir di medan Uhud. Setiap pasukan bantuan yang datang dari celah bukit, dihancurkan oleh anak panah pasukan muslim yang ditempatkan oleh Rasul SAW di atas bukit.

 

Strategi yang jitu dan ternyata efektif. Namun apa dikata, sebagian pasukan panah ini tergiur oleh harta rampasan. Mereka tidak istiqamah, melanggar perintah Nabi dan berlari turun berebut mengambil harta rampasan.

Panglima Quraisy yang cerdik,Khalid bin Walid, melihat kesempatan emas ini dan ia dengan mudah menelikung dari belakang dan menghancurkan kelompok kecil pemanah ini. Babak kedua perang Uhud terjadi.

 

Tanpa dukungan pasukan pemanah dari atas bukit, dengan mudah pasukan muslimin dihancurkan dan porak poranda. Rasulullah terluka. Paman beliau Hamzah, salah satu jagoan perang pasukan muslim gugur. Tujuh puluh syuhada langsung dimakamkan di tempat itu juga.

Kaum muslimin berduka, namun Rasulullah bersabda, “Perang Uhud ini perang kecil. Perang yang terbesar adalah perang mengalahkan hawa nafsu”.

Perang memenangkan puasa tinggal empat hari lagi. Membutuhkan kehati-hatian untuk tetap istiqamah menjalani puasa. Kadang kala kita harus berhenti sejenak, merenung, mengevaluasi apa yang sudah kita lakukan dan membuat strategi untuk lima hari mendatang, seperti firman Allah,

“Wahai orang-orang yang beriman. Bertaqwalah kepada Allah dan hendaknya setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya, untuk hari esok, dan bertaqwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan”.

(Sadhono Hadi; dari grup FB ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close