Iptek dan Lingk. Hidup

Trans Pacific Partnership

Rekan-rekan yang baik,
Bukannya, ketika itu tgl 19 Juli, ya?; Suatu paparan pembekalan TPP oleh bu Marie Pangestu yang benar bermutu. Seperti diakuinya, slides paparannya kurang jelas, huruf kecil, warna huruf putih di atas dasar gelap yang tidak jelas, dan terlalu banyak teks dalam satu slide.

Dalam bidang telekomunikasi, tidak ada jalan lain daripada menggelar peta jalan (roadmap) dalam waktu singkat sehingga sasarannya sama atau setara dengan negara yang maju. Penyatuan kebijakan nasional yang terpadu di antara berbagai Sektor, harus bisa dilakukan dalam waktu 3 tahun

 

Walau dicapainya baru 5-10- atau 20 tahun sekalipun, agar tidak dikejar-kejar dan pusing dengan bagaimana untuk menutupi diri sendiri sepanjang masa.

Apabila peta jalan ada, bisa diperlihatkan kepada dunia, khususnya negara2 maju, termasuk AS yang selalu menekan, bahwa apabila anda ingin kawasan Asia Tenggara ini tenteram, maka anda harus menolong Indonesia untuk menjadi sejahtera, mandiri. Itu berarti kami tidak bisa menjadi boneka. Buktinya, ini adalah peta jalan kami!
Dengan arah yang jelas ini, maka ada peluang pengecualian untuk meminta waktu suatu ketentuan diberlakukan.

Yang jelas kita harus menjadi tuan di rumah sendiri, khususnya dalam menghasilkan produk TIK yang canggih. Itu berarti, kita tidak boleh malas atau ragu terjun dalam Riset sesulit apapun, seperti 5G, PPDR (Public Protection and Disaster Relief), dll. (Salam, APhD)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close