Iptek dan Lingk. Hidup

Waspada belanja buah dan sayur

Kenali 10 Trik ‘ Supermarket Dalam Menjual Buah dan Sayur Segar Ini. Banyak orang yakin buah-sayur segar yang dijual di supermarket pasti bermutu bagus. Tapi kita perlu waspada. Delish (30/6) merangkum fakta seputar trik mereka yang kerap dilakukan supermarket saat jual buah dan sayur. Seperti trik menyimpan apel lama atau memajang buah-sayur berharga normal di dekat rak diskon.

1. Buah dan sayur tidak dicuci
Banyak orang berpikir buah dan sayur yang ada di rak supermarket sudah dicuci bersih. Faktanya begitu diturunkan dari truk, buah dan sayur langsung ditempatkan di rak tanpa dicuci sama sekali. Hal ini disampaikan mantan pegawai Wal-Mart, Theresa.

 

“Saya telah melihat buah dan sayur benar-benar dalam keadaan buruk. Saya tidak akan berhenti mencucinya,” ujar Theresa. Bahkan meski buah dan sayur didatangkan dari produsen terpercaya bukan tidak mungkin bahan makanan segar ini telah terkontaminasi selama proses pengiriman.

 

Seorang pengguna Reddit mengatakan, “Jika Anda berasumsi buah dan sayur bersih saat diambil maka Anda menganggap semua proses produksi berjalan benar mulai dari pemetikan hingga dijual di toko.”

2. Makanan yang termudah dijangkau biasanya tidak terlalu segar
Melanie, chef asal Manchester menjelaskan prosedur rotasi buah-sayur yang umum dilakukan manajer toko. Buah-sayur yang paling tidak segar diletakkan di paling depan. Hal ini dilakukan agar buah dan sayur segera terjual dan tidak terbuang sia2. Saat berbelanja pilihlah buah dan sayur di rak bagian belakang. Karena kemungkinan besar kesegarannya bagus.

3. Apel yang dijual di supermarket bisa berusia lama
Di AS, apel dipanen dalam waktu singkat yaitu antara Agustus-September. Karenanya supermarket kerap menyimpan apel di gudang sebagai stok. Agar apel terlihat segar mereka lalu menambahkan bahan kimia dan menyimpan apel dalam suhu sangat dingin.

 

Di gudang, apel bisa disimpan hingga 9-12 bulan. Bahkan sebuah investigasi menemukan apel yang dijual di supermarket rata-rata sudah disimpan 14 bulan. (mudah2an di Indonesia tidak begitu)

  1. Pegawai supermarket tidak patuhi aturan kesehatan
    Menurut Melanie, pegawai supermarket seharusnya mengenakan sarung tangan dan topi atau hair net saat menangani buah dan sayur. Faktanya banyak pegawai supermarket lokal tidak mematuhi aturan kesehatan ini. Kebiasaan cuci tangan mereka juga diragukan.5. Pengunjung juga sebabkan kontaminasi buah dan sayur
    Tak hanya pegawai, pengunjung turut sebabkan kontaminasi buah dan sayur. Kebiasaan kotor seperti memegang buah dan sayur sembarangan atau bersin dan batuk di depannya turut menjadi penyebab kontaminasi.

 

“Anda tidak bisa percaya begitu saja pada pelanggan sebelumnya yang pegang2 buah dan sayur sebelum memilih yang tepat,” ujar Melanie. (Oleh : Andi Annisa Dwi Rahmawati; http://food.detik.com/read/2016/07/03/134044/3247790/297/kenali-10-trik-kotor-supermarket-dalam-menjual-buah-dan-sayur-segar-ini–1-)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close