Islam

Kemacetan di Padang Mahsyar

Hari ‘Idul Fitri 1437 H tahun ini trending topiknya adalah Brexit/Brebes Exit. Pelajaran atas kondisi ini adalah mengingatkan pada *Kemacetan di Padang Mahsyar*. Kemacetan di Pejagan mencapai 30 km dan Brebes 6 km, cukup melelahkan dan nelangsa.

 

Tidak kebayang betapa lelahnya berada di tengah kemacetan berjam-jam, maju tidak bisa mundur tidak bisa, sulit memperoleh supply air dan makanan, minimnya oksigen untuk bernafas. Kondisi Brexit ini memberi ilham keakhiratan : begitu takut jika mengalami kemacetan di Padang Mahsyar.

Coba hadirkan suasana Yaumil Mahsyar kelak, saat Allah menghimpun puluhan-ratusan milyar manusia dalam satu lokasi. Saat kaki tidak bisa bergerak kesana kemari kecuali hanya bisa menunggu dan menunggu giliran, saat amalnya dihisab. Saat itulah gambaran macet total milyaran manusia tak berpakaian tak beralasan kaki dimungkinkan terjadi. Subhaanallaah.

Rasul SAW bersabda “Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya;  asal peroleannya dan kemana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya”. (HR Tirmidzi dan ad Darimi)

Ingat dan berwaspadalah saat hari itu tiba : *peradilan yang adil tanpa suap dan gratifikasi, hari di mana seluruh wajah tertunduk, berhadapan hanya sang hamba dengan Rabb-nya saja*.

Contoh dua pertanyaan seputar harta yang tidak akan meleset perhitungannya : Apakah yakin didapat dan dibelanjakan dengan cara yang halal dan baik ? Adakah garansi ia bebas dari riba, maisir, menipu, korupsi, dusta, mark up anggaran, mengurangi timbangan dan bentuk bentuk kezaliman lainnya..?

Mengurai pertanyaan hadist itu tentang umur, ilmu dan harta tentu butuh kajian yang komprehensif dan kontribusi.  Jangan pernah lelah dan bosan untuk terus belajar dan menghadiri majlis-majlis ilmu Al Quran dan Sunnah. (Ayi Priatna; dari grup WA-78)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close